Manfaat Kecambah ( Toge ) untuk Kesehatan

Kecambah atau Toge merupakan salah satu sayuran yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh kita dan yang sudah umum diketahui mengenai manfaat toge atau kecambah ini adalah kehebatannya dalam membantu memberikan kesuburan bagi pasangan suami istri yang ingin segera memiliki anak, maka biasanya para orang tua akan selalu menyarankan kepada anak mereka yang baru saja menikah untuk rajin-rajin mengkonsumsi kecambah atau toge supaya lekas hamil dan segera mendapatkan keturunan.

Kecambah termasuk sayuran yang sangat mudah kita peroleh dipasar karena pertumbuhan kecambah yang biasanya dibuat dari kacang hijau ini tidak mengenal musim dan waktu bahkan kita sendiri pun bisa menanam sendiri kecambah kacang hijau tersebut dirumah, harga kecambah terbilang juga sangat murah jika dibandingkan dengan kandungan manfaat yang terdapat di dalam sayuran kecambah tersebut, dan apa sajakah manfaat kecambah kacang hijau ini untuk kesehatan kita silahkan sobat simak informasi berikut ini.

Kecambah kacang hijau sangat bagus untuk dikonsumsi oleh kita karena dalam kecambah atau toge terkandung banyak sekali zat-zat yang sangat bermanfaat seperti, enzim, asam folat, saponin, protein, serat, mineral, vitamin A, vitamin C, citamin E, vitamin K dan berbagai macam zat lainnya.

Manfaat Kecambah

Manfaat Toge untuk kesehatan

  • Meningkatkan Kesuburan
Kecambah atau toge sudah dari sejak dulu dipercaya dapat meningkatkan kesuburan pada pria, karena kandungan vitamin E dan protein yang cukup tinggi pada kecambah dipercaya dapat merangsang pertumbuhan hormon pada pria, juga dapat membantu melingungi sel telur pada wanita dan sperma pada pria dari kerusakan yang diakibatkan oleh pengaruh berbagai macam radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh kita.

Nah bagi sobat yang ingin segera mendapatkan keturunan silahkan coba untuk rajin mengkonsumsi kecambah supaya sang istri lekas hamil.
  • Mencegah Kanker
Kandungan berbagai macam zat yang terdapat dalam kecambah dapat berfungsi sebagai antioksidan dapat membantu memperlambat atau melawan sel-sel kanker yang terdapat dalam tubuh kita, selain itu kandungan mineral, serat dan air yang cukup tinggi pada kecambah dapat membantu membersihkan atau melancarkan kotoran dan racun yang terdapat dalam usus besar serta juga membantu mencegah terjadinya penumpukan zat beracun yang terdapat di dalam tubuh yang dapat menyebabkan tumbuh dan berkembangnya sel-sel kanker.
  • Mencegah Serangan Jantung dan Stroke
Kandungan zat saponin yang cukup tinggi pada kecambah dapat membantu menghancurkan kolesterol jahat yang terdapat dalam tubuh kita, seperti yang sudah kita ketahui pada umumnya bahwa peningkatan atau penumpukan kolesterol jahat ( LDL ) pada tubuh adalah penyebab dan pemicu seseorang terkena stroke dan serangan jantung. Dengan mengkonsumsi toge secara rutin dapat membantu seseorang mengurangi resiko terkena serangan jantung dan stroke.
  • Meningkatkan Daya Kekebalan Tubuh
Kandungan vitamin C dan zat saponin pada kecambah dipercaya dapat membantu menjaga dan meningkatkan daya kekebalan pada tubuh kita dengan cara menstimulasi sel limfosit dan interferon, perbanyak mengkomsumsi kecambah supaya daya tahan tubuh kita tetap terjaga.
  • Merawat Sistem Pencernaan
Kandungan serat yang cukup tinggi pada kecambah sangat bagus digunakan untuk membantu merawat dan melancarkan sistem pencernaan pada tubuh kita serta dapat mencegah atau mengatasi permasalahan susah buang air besar.
  • Membantu Menurunkan Berat Badan
Selain sangat bagus untuk merawat dan melancarkan sistem pencernaan fungsi lain dari serat yang terkandung di dalam kecambah dapat membantu mengurangi penumpukan kolesterol dalam darah, dengan mengkonsumsi kecambah secara rutin juga dapat membantu sobat dalam mengurangi berat badan berlebih yang sedang sobat alami, sangat bagus untuk sobat masukkan ke dalam daftar diet sehat yang sedang sobat jalani.
  • Mencegah Anemia
Kandungan asam folat pada kecambah sangat bagus dan sangat dibutuhkan oleh tubuh kita karena dapat membantu memproduksi asam amino dan sel darah merah, dengan lancarnya produksi sel darah merah hal tersebut dapat membantu mengurangi resiko tubuh kita terserang anemia atau penyakit akibat kekurangan sel darah merah.
  • Mencegah Osteoporosis
Kandungan esterogen yang terdapat pada kecambah dapat membantu proses kepadatan tulang, menjaga struktur tulang pada tubuh kita serta mencegah tulang dari kebusukan yang dapat menyebabkan keroposnya tulang pada tubuh kita.
  • Mengatasi Gangguan Menstruasi
Tidak hanya untuk para pria saja, manfaat kecambah juga sangat bagus untuk dikonsumsi oleh wanita, dengan mengkonsumsi toge secara rutin sebelum masa menstruasi dapat membantu mengatasi berbagai macam masalah atau keluhan yang biasa muncul dan dirasakan pada saat menstruasi.
  • Merawat Kecantikan Kulit
Kandungan vitamin E yang cukup tinggi pada ketombe berfungsi sebagai antioksidan sangat bagus untuk digunakan untuk merawat dan meremajakan kulit, dengan mengkonsumsi toge secara rutin dapat membantu membuat kulit kita menjadi lebih halus dan mulus serta mencegah terjadinya penuaan dini.
  • Mengatasi Jerawat
Mengkonsumsi kecambah segar dipercaya dapat mengatasi masalah wajah berjerawat yang mengganggu, pada toge terdapat kandungan omega 3 yang dapat membantu mengurangi peradangan yang merupakan penyebab munculnya jerawat dan mengurangi resiko tumbuhnya jerawat pada wajah kita, selain itu toge juga dipercaya dapat mengobati eksim, gatal-gatal serta iritasi pada kulit.
  • Menjaga Kelembaban pada kulit
Kandungan vitamin B yang cukup kaya pada kecambah dapat membantu proses pembentukan kulit yang sehat, dengan minum jus toge secara rutin tiap hari dapat membantu menjaga kelembaban pada kulit dan dapat menyebabkan kulit terlihat lebih segar dan muda.

Khasiat toge selain baik untuk kesehatan ternyata juga sangat bagus untuk merawat kesehatan rambut kita, apa saja manfaat kecambah untuk kesehatan rambut silahkan simak ulasan dibawah ini :

Khasiat kecambah untuk kesehatan rambut

  • Membantu Pertumbuhan Rambut Sehat
Kandungan vitamin C pada kecambah mempu meningkatkan pertumbuhan rambuh yang sehat, selain itu dapat membantu menghancurkan radikal bebas yang terdapat dalam tubuh yang dapat mengakibat rambut rusak dan mudah rontok.
  • Mengurangi Resiko rambut Beruban
Kandungan antioksidan yang tinggi pada kecambah membantu mengurangi resiko rambut beruban muncul pada usia dini.
  • Melebatkan Rambut
Pada kecambah mengandung banyak vitamin A yang dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut menjadi lebih banyak, selain itu juga dapat membantu mencegah kerontokan pada rambut karena jika kita kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kerontokan pada rambut.
  • Mengurangi resiko rambut Rontok
Kecambah membantu melancarkan sirkulasi darah pada kulit kepala yang memperkuat dan memperbaiki kapiler untuk menghasilkan rambuh yang lebih kuat, sehat dan tidak mudah rontok.
  • Mencegah rambut berketombe
Kandungan selenium pada kecambah dapat membantu membunuh Malassezia yang dapat menyebabkan kulit kepala menjadi kering dan mengakibatkan  munculnya ketombe, fungsi selenium membantu mendorong pertumbuhan rambut yang baru dan menghilangkan kotoran pada kulit kepala yang menjadi penyebab munculnya ketombe.

Kecambah biasanya dikonsumsi sebagai campuran dalam berbagai jenis masakan seperti campuran pecel, soto, tumis toge atau isian dalam tahu isi dan lumpia, bisa juga dibuat jus dengan dicampur sayuran lain. ( Hal-5 )


sumber :  stylecraze

0 Response to "Manfaat Kecambah ( Toge ) untuk Kesehatan"

Post a Comment