Cara Mengobati Tenggorokan Gatal, Sakit serta Susah Menelan

Tenggorokan gatal atau tenggorokan sakit serta susah digunakan untuk menelan bisa terjadi dan timbul dikarenakan kita sedang mengalami gangguan kesehatan pada bagian tenggorokan dan saluran pernapasan seperti flu, pilek, batuk, demam, panas dalam, radang amandel/tonsil dan radang tenggorokan ( Farangitis ).

Kondisi rasa gatal pada tenggorokan pastinya sangat mengganggu aktifitas keseharian kita, terlebih lagi jika kita mengalami tenggorokan gatal pada saat sedang di tempat kerja bisa bikin nggak fokus dan kerjaan kita menjadi terbengkalai, hal tersebut dikarenakan pada saat tenggorokan kita gatal biasanya akan memicu kita menjadi terbatuk-batuk cukup parah.

Pada saat kita mengalami gatal pada tenggorokan biasanya terdapat beberapa gejala lain yang mengikuti seperti rasa nyeri pada tenggorokan, badan terasa demam, badan terasa tidak fit, tenggorokan sakit dan tenggorokan susah digunakan menelan meski hanya menelan ludah tenggorokan akan terasa sangat sakit.

Cara Mengobati Tenggorokan Gatal

Hal yang menjadi penyebab tenggorokan gatal, sakit dan susah untuk menelan

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan kita mengalami tenggorokan sakit dan terasa gatal hingga mengakibatkan kita batuk-batuk parah dan susah untuk menelan.

  • Infeksi
Salah satu penyebab tenggorokan gatal, sakit dan susah menelan yang paling umum terjadi adalah akibat dari infeksi pada saluran pernapasan dan tenggorokan, infeksi biasanya disebabkan oleh virus penyebab penyakit flu, pilek dan batuk serta infeksi oleh bakteri yang menjadi penyebab radang tenggorokan, dan dalam suatu kasus tertentu tenggorokan yang gatal bisa diakibatkan oleh infeksi jamur.

Infeksi oleh jamur biasanya dikarenakan kondisi sistem kekebalan tubuh yang menurun dan melemah, biasanya kondisi tersebut akan kita jumpai pada seseorang yang menderita AIDS, sedang melakukan kemoterapi untuk pengobatan kanker, menderita diabetes mellitus dan menderita beberapa penyakit lainnya.
  • Iritasi
Mengalami iritasi pada saluran pernapasan dan tenggorokan juga menjadi salah satu penyebab sakit tenggorokan yang akan mengakibatkan tenggorokan terasa gatal, iritasi pada tenggorokan bisa terjadi jika seseorang secara tidak sengaja menelan zat kimia yang dapat menyebabkan iritasi, perokok aktif dan perokok pasis keduanya dapat mengalami iritasi pada saluran tenggorokan akibat terpapar polusi udara akibat asap rokok.
  • Alergi
Alergi terhadap jenis bahan tertentu yang terkandung dalam suatu makanan dan minuman dapat menyebabkan kita menderita gatal dan sakit pada tenggorokan, jika gatal pada tenggorokan diakibatkan oleh alergi biasanya gejala akan berlangsung lebih lama dan frekuensi gatal akan terasa lebih sering dan disertai dengan gejala lain seperti mata berair, hidung keluar ingus, sesak napas, tenggorokan sakit dan perih.
  • Gangguan Asam Lambung
Sedang menderita gangguan asam lambung tinggi juga dapat mengakibatkan tenggorokan menjadi gatal dan susah untuk menelan hal tersebut dikarenakan reflux asam lambung naik hingga ke leher dan mengganggu tenggorokan.
  • Berbicara dengan lantang ( berteriak )
Tenggorokan gatal bisa terjadi karena sobat sehabis berteriak-teriak atau mungkin bernyanyi dalam waktu yang lama dan kurang minum yang mengakibatkan tenggorokan kering dan menjadi luka.
  • Panas Dalam
Sedang menderita panas dalam juga dapat menyebabkan tenggorokan sakit dan gatal-gatal.

Beberapa hal lain yang menjadi penyebab tenggorokan sakit dan gatal serta susah digunakan untuk menelan seperti terjadi trauma pada saluran tenggorokan, menderita tumor, menderita bronchitis menderita pneumonia dan lain sebagainya.

Cara mengatasi tenggorokan sakit susah menelan dan gatal

Apabila gatal pada tenggorokan ditimbulkan oleh infeksi bakteri penyebab radang tenggorokan atau diakibatkan oleh virus penyebab influenza, pilek dan batuk biasanya sakit tenggorokan tersebut dapat sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari kedepan.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa sobat gunakan untuk mengatasi tenggorokan sakit, susah menelan dan gatal.

  • Minum minuman hangat seperti air jahe hangat ( wedang jahe ), air jeruk hangat, teh herbal hangat
  • Berkumur dengan menggunakan air hangat ditambah garam
  • Makan permen pelega tenggorokan untuk mengurangi dan menyembuhkan rasa gatal pada tenggorokan
  • Makan tablet obat radang tenggorokan seperti FG Troches, SP Troches, Degirol dll
  • Banyak minum air putih supaya tenggorokan tidak kering dan mencegah iritasi pada tenggorokan yang dapat menyebabkan tenggorokan gatal dan sakit.
Pengobatan tenggorokan yang gatal, sakit dan susah menelan dengan menggunakan obat-obatan jenis antibiotik , kortikosteroid dan antihistamin boleh dilakukan jika yang menjadi penyebab gatal di tenggorokan sudah diketahui jelas apa penyebabnya tentunya setelah dikonsultasikan terlebih dahulu ke Dokter.

Tapi akan lebih baik jika mengatasi tenggorokan sakit, gatal dan susah menelan yang sedang sobat derita menggunakan cara pengobatan dengan bahan alami yang sudah disebutkan diatas terlebih dahulu, dan bila setelah menggunakan cara diatas ternyata sakit pada tenggorokan sobat juga tidak kunjung sembuh segera konsultasikan ke Dokter atau instansi kesehatan terdekat supaya bisa diketahui apa penyebab dari sakit tenggorokan yang sedang sobat derita, semoga bermanfaat. ( Hal-5 )

0 Response to "Cara Mengobati Tenggorokan Gatal, Sakit serta Susah Menelan"

Post a Comment