Yang dimaksud Cache adalah


Pernahkah sobat mendengar atau mungkin membaca sebuah artikel pada saat mencari cara untuk mengatasi permasalahan mengenai aplikasi yang terdapat di Hp Android seperti contohnya aplikasi Google Playstore yang tidak bisa dibuka atau aplikasi BBM error dan lemot, dan salah satu cara yang terdapat di artikel tersebut menyarankan sobat untuk mencoba membersihkan data Cache terlebih dahulu.

Apa sih Cache itu, apa fungsi dari Cache tersebut dan bagaimana bisa dengan membersihkan cache bisa mengatasi permasalahan aplikasi yang terdapat di Android tersebut? Mungkin bagi sobat yang memiliki rasa penasaran yang cukup tinggi pasti akan memiliki pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Apa itu Cache dan apa fungsinya

Yang dimaksud dengan Cache adalah sebuah temporary folder atau folder sementara yang digunakan para pengembang untuk menyimpan data-data dari aplikasi atau sebuah website tertentu yang anda kunjungi, fungsi dari Chace adalah jika dalam aplikasi browser digunakan untuk membantu mempercepat memuat atau membuka halaman web yang sudah pernah sobat buka sebelumnya tanpa harus mendownload kembali dan pada aplikasi membantu mempercepat proses loading atau proses terbukanya aplikasi tersebut.

Tapi dilain sisi data Cache tersebut juga dapat memperlambat kinerja sistem Android yang kita gunakan hal tersebut dikarenakan data cache yang tersimpan membutuhkan atau menggunakan cukup banyak kapasitas memori dan jika didiamkan atau tidak dihapus secara berkala dapat mengakibatkan kinerja sistem android menjadi lelet atau lemot dikarenakan kurangnya kapasitas memori yang diakibatkan besarnya data Cache pada Hp sobat.

Hal tersebut dapat mengakibatkan pada saat sobat sedang meng-akses suatu halaman situs atau sedang menjalankan sebuah aplikasi bisa tiba-tiba berhenti beroperasi atau bahkan membuat aplikasi tersebut tidak bisa berjalan dengan normal atau tidak bisa dibuka.

Data Cache terkadang juga dapat membuat beberapa kesalahan seperti tidak memperlihatkan versi terbaru pada sebuah halaman website yang pernah kita kunjungi sebelumnya dan pada aplikasi terkadang hal tersebut dapat menjadi sebuah masalah yang cukup serius karena dapat mengakibatkan aplikasi menjadi tidak bisa buka atau error karena terdapat perbedaan data, dengan membersihkan data Cache secara berkala dapat membantu mengatasi masalah tersebut.

untuk membersihkan atau menghapus data Cache di android sobat saat ini sudah tersedia banyak aplikasi dari pihak ketiga di Google Playstore yang dapat membantu dan mempermudah sobat dalam melakukan hal tersebut.

Dan di sistem Android sendiri pun sebenarnya sudah disediakan tool bawaan untuk membersihkan data Cache tersebut, silahkan sobat ikuti cara dibawah ini untuk menghapus data Cache pada Hp android yang sobat gunakan.

Cara Menghapus Cache tanpa install aplikasi

  • Buka menu settings atau pengaturan pada Android sobat

apa itu Cache

  • Jika sudah terbuka silahkan geser dan pilih menu penyimpanan atau Storage

Yang dimaksud Cache adalah

  • Setelah terbuka informasi mengenai data storage atau penyimpanan pilih menu Cached File

Pengertian data Cache

  • Dan yang terdapat di gambar file Cache pada Hp saya lumayan cukup besar yaitu hingga mencapai 813 MB, kemudian pilih dan pilih opsi Ok untuk membersihkan
cara Membersihkan data Cache di HP android

Langkah diatas adalah untuk membersihkan seluruh data Cache yang terdapat di Hp android sobat tanpa harus membuka dan membersihkan satu persatu aplikasi yang terinstal di Hp sobat, semoga informasi mengenai pengertian apa itu Cache diatas dapat bermanfaat.( Hal-5 )

0 Response to "Yang dimaksud Cache adalah"

Post a Comment