Fungsi hutan bagi kehidupan manusia

Keberadaan hutan di dunia saat ini sedang dalam kondisi yang cukup mengkhawatirkan dikarenakan banyaknya terjadi pembalakan liar serta pembukaan lahan hutan yang dilakukan oleh manusia dengan tidak bertanggung jawab sehingga dapat mengancam keseimbangan alam serta juga mengancam populasi yang terdapat di dalamnya.

Tentunya sudah tugas kita sebagai manusia yang mengambil banyak manfaat dari keberadaan hutan tersebut untuk melestarikan hutan tersebut supaya tetap terjaga keberadaannya dan kelestariannya, dengan terjaganya keberadaan hutan di sekitar lingkungan kita dapat mencegah terjadinya berbagai macam bencana yang diakibatkan oleh alam menimpa lingkungan kita seperti contohnya bencana banjir, berikut ini adalah beberapa fungsi hutan untuk kehidupan kita yang perlu sobat ketahui.
Fungsi hutan bagi kehidupan manusia
source pics : Pinterest.com

Manfaat hutan untuk kehidupan Manusia

  • Fungsi hutan yang utama adalah sebagai paru-paru dunia atau bisa disebut juga hutan adalah penyedia gas oksigen yang sangat dibutuhkan untuk kelangsungan hidup kita, hutan berfungsi menyerap gas karbon dioksida dan menghasilkan oksigen yang dibutuhkan oleh paru-paru kita, dengan menjaga kelestarian hutan tentunya menjaga ketersediaan oksigen yang dibutuhkan oleh umat manusia.
  • Bencana banjir serta tanah longsor dapat terjadi dikarenakan rusaknya keseimbangan alam di linkungan sekitar kita, salah satu manfaat hutan adalah sebagai lahan serapan air dan memperkuat tanah supaya tidak mudah longsor, dengan berkurangnya hutan atau tidak terjaganya keberadaan hutan disekitar kita dapat mengakibatkan terjadinya kedua bencana tersebut.
  • Fungsi hutan selain untuk menjaga ketersediaan udara bersih yang dibutuhkan oleh paru-paru kita juga berfungsi untuk menjaga ketersediaan air bersih untuk kelangsungan hidup manusia, akar-akar pohon yang terdapat dalam hutan membantu menjaga keberadaan air di dalam tanah.
  • Dengan lestarinya hutan di lingkungan sekitar kita dapat membantu mengurangi polusi serta pencemaran udara, dengan masih terjaganya keberadaan hutan di daerah tempat tinggal kita dapat membantu menyerap gas-gas yang dihasilkan oleh pabrik serta kendaraan yang merupakan penyebab terbesar terjadinya polusi udara.
  • Manusia dapat mengambil banyak manfaat dan keuntungan dari keberadaan hutan yang terjaga kelestariannya, berbagai macam hasil hutan seperti kayu yang banyak digunakan oleh manusia sebagai bahan baku untuk membuat kertas dan lain sebagainya, selama penggunaan hasil hutan tersebut dengan secara bertanggung jawab dan bijaksana tentunya tidak mengancam keberadaan hutan tersebut.
  • Fungsi hutan merupakan tempat tinggal atau merupakan habitat berbagai macam populasi flora dan fauna, dengan terjaganya keberadaan hutan dapat menjaga kelestariaan keberadaan flora dan fauna tersebut, jika hutan tidak terjaga maka habitat serta populasi dari flora fauna tersebut juga terancam dan juga dapat mengakibatkan berbagai macam permasalahan yang terjadi seperti yang akhir-akhir ini sering kita saksikan pada berita di televisi yang menginformasikan masuknya hewan liar seperti gajah, kera, macan tutul yang masuk ke pemukiman warga karena kelaparan atau mencari makan dikarenakan habitat hewan tersebut dihutan telah rusak.
Dengan menjaga kelestarian hutan di lingkungan kita tentunya mencegah terjadinya berbagai macam masalah serta berbagai macam bencana alam seperti yang sudah diinformasikan diatas, fungsi hutan sangat penting keberadaannya untuk kelangsungan hidup umat manusia serta flora dan fauna yang terdapat dalam lingkungan hutan tersebut.

Jadi marilah kita jaga keberadaan hutan tersebut supaya tetap terjaga dan tetap lestari supaya cucu dan anak kita nantinya masih bisa menghirup udara yang segar dan juga dapat melihat serta menikmati keberadaan habitat flora dan fauna yang ada. ( Hal-5 )

0 Response to "Fungsi hutan bagi kehidupan manusia"

Post a Comment