Pengertian stock opname adalah

Bagi sobat yang saat ini sedang mencari lowongan pekerjaan dan mungkin saja kebetulan melihat sebuah posisi yang dibutuhkan oleh perusahaan yang salah satu tugas dari posisi tersebut adalah bertanggung jawab untuk melakukan stock opname, bagi sobat yang masih awam mengenai istilah tersebut tentunya akan bertanya-tanya apa sih stock opname itu dan mampukah nantinya sobat melaksanakan tugas tersebut jika diterima bekerja untuk mengisi posisi tersebut.

Istilah stock opname biasanya terdapat pada perusahaan yang bergerak di bidang retail atau yang berhubungan dengan penjualan yang memiliki stock atau persediaan barang dan inventaris yang cukup banyak seperti salah satu contohnya adalah supermarket, silahkan sobat simak ulasan pengertian stock opname berikut ini supaya nantinya jika sobat akan melamar pekerjaan dengan tugas tersebut sudah paham terlebih dahulu dan tidak bingung saat melaksanakan tugas tersebut.

pengertian stock opname adalah

Pengertian stock opname

Secara umumnya stock opname adalah penghitungan kembali fisik inventaris atau stock persediaan barang yang dimiliki oleh sebuah perusahaan yang dicatat dalam pembukuan untuk di periksa atau dicocokkan kebenarannya dengan melakukan pembandingan dengan pembukuan sebelumnya serta disesuaikan dengan bertambah atau berkurangnya stock barang tersebut dalam rentang waktu tertentu.

Dan biasanya sebuah perusahaan retail yang memiliki barang inventaris cukup besar atau cukup banyak akan melakukan stock opname satu kali dalam seminggu, satu kali dalam 2 minggu atau satu bulan sekali.

Fungsi dari stock opname tersebut adalah dapat digunakan untuk mengontrol persediaan barang dan mengontrol kebenaran jumlah dari inventaris atau stock persediaan barang tersebut, keuntungan lain dari dilakukannya stock opname adalah perusahaan tersebut bisa memperhitungkan kebutuhan penggunaan stock barang tersebut dengan melakukan pembandingan laporan pembukuan stock opname sebelumnya.

Fungsi utama dari stock opname tersebut adalah melakukan pengontrolan serta pengawasan stock  barang  yang dimiliki oleh perusahaan tersebut sehingga tidak terjadi kehilangan atau terjadi kecurangan yang dilakukan oleh karyawan dengan mengeluarkan barang tanpa dilakukan pencatatan yang dapat menimbulkan kerugian bagi perusahaan.

Semoga informasi pengertian stock opname diatas dapat memberikan sedikit gambaran mengenai posisi pekerjaan yang akan sobat lamar tersebut, semoga bermanfaat, cmiiw.

0 Response to "Pengertian stock opname adalah"

Post a Comment