Permainan bola voli dan sejarahnya

Permainan Bola Voli adalah merupakan suatu  jenis permainan yang termasuk kedalam salah satu cabang olahraga yang cukup digemari oleh masyarakat di Negara kita, permainan olah raga yang menggunakan kedua tangan dan mengedepankan aspek kerja sama tim ini akan sangat mudah kita jumpai di berbagai daerah di Negara kita baik di daerah pedesaan atau daerah perkotaan.

Sejarah bola voli

Permainan voli pertama kali ditemukan oleh seseorang yang bernama William G. Morgan pada tanggal 9 Februari 1895 yang saat itu menjabat sebagai seorang instruktur pendidikan jasmani atau Director Of Phsycal Education di YMCA ( Young Men’s Christian Association ), Holyoke, Massachusetts, Amerika Serikat. Dan pada awal mulanya olah raga bola voli tersebut diberi nama Mintonette.

Awal mula tercipta olah raga voli adalah merupakan sebuah olah raga yang diciptakan dengan mengkombinasikan dari berbagai macam jenis permainan dan juga mengadopsi dari empat macam jenis karakter olah raga yang berbeda menjadi satu, seperti olah raga bola basket, tenis, baseball dan permainan bola tangan atau handball, perubahan nama dari mintonette menjadi bola voli atau volleyball terjadi pada tahun 1896.

Permainan bola voli ternyata pada saat itu berkembang dengan cukup pesat, hal tersebut menyebabkan YMCA mengadakan Kejuaran bola voli nasional pada tahun 1933, setelah itu permainan voli menyebar ke seluruh dunia.

Pada tahun 1974 adalah pertama kalinya bola voli dipertandingkan di Polandia dengan jumlah peserta pertandingan yang cukup banyak, dan pada tahun 1984 di Negara Paris Federasi Bola Voli Internasional untuk pertama kalinya didirikan dengan nama International Volley Ball Federation ( IVBF ) dan pada saat itu hanya beranggotakan 15 negara.

Beberapa hal yang menyebabkan permainan voli cepat sekali menyebar disebabkan oleh beberapa hal dibawah ini :
  • Mudah dimainkan
  • Tidak membutuhkan terlalu banyak peralatan dalam memainkannya atau peralatan hanya sederhana saja seperti bola voli dan Net / jarring
  • Dimainkan dengan banyak orang atau secara kerja sama tim
  • Prosentase mengalami cidera kecil atau jarang terjadi kecelakaan
  • Bisa di mainkan di dalam ruang maupun di luar ruangan
  • Tidak membutuhkan tempat yang terlalu luas untuk bermain bola voli

permainan bola voli dan sejarahnya
ukuran luas lapangan Bola Voli

Ukuran lapangan bola voli adalah 9 meter x 18 meter, batas garis serang untuk pemain belakang seluas 3 meter dari garis tengah sejajar dan luas garis tepi lapangan sepanjang 5 meter, detail ukuran lapangan voli dibawah ini :
  • Panjang garis samping 18 meter
  • Lebar garis serang 3 meter
  • Lebar lapangan seluas 3 meter
Alat-alat yang digunakan untuk permainan bola voli :
  • Net, ukuran net bola voli putra setinggi 2,43 meter dan untuk putri 2,24 meter.
  • Bola, ukuran bola voli memiliki luas keliling lingkaran 65 sampai 67 cm dengan berat 260 sampai 280 gram. Untuk tekanan udara sekitar 0.30 hingga 0.325 kg/cm2.

Peraturan permainan bola voli

Berikut ini adalah peraturan olah raga bola voli :
  • Permainan dimainkan oleh 2 tim dan masing-masing tim terdiri dari 6 orang pemain dan masing-masing tim berlomba-lpmba untuk mendapatkan nilai 25 lebih dahulu dengan sistem rally poin.
  • Untuk mendapatkan angka setiap tim berlomba untuk menjatuhkan bola pada bagian daerah lapangan lawan.
  • Servis yang dilakukan oleh pemain harus melambung melewati net dan masuk atau jatuh ke daerah lapangan lawan, apabila tidak melalui net maka tim lawan yang akan mendapat nilai, begitu juga jika servis yang dilakukan oleh pemain melambung melewati net akan tetapi bola jatuh diluar daerah lapangan lawan maka lawan yang akan mendapatkan angka.
  • Setiap tim hanya diperbolehkan menyentuh bola maksimal sebanyak 3 kali dalam melakukan serangan ke tim lawan untuk mendapatkan angka.
  • Pertandingan di lakukan 2 babak dan tim yang mendapatkan kemenangan secara berurutan dalam 2 babak merupakan tim pemenang, tapi apabila dalam 2 babak masing-masing tim memenangkan 1 babak permainan maka akan dilakukan 1 kali babak tambahan sebagai pertandingan penentu yang menentukan pemenang pertandingan.
  • Setiap babak berakhir setiap tim diwajibkan bertukar sisi lapangan.
Permainan bola voli masuk ke Indonesia pertama kali setelah tahun 1928 atau semasa penjajahan Belanda,  pertandingan Bola Voli pertama kali dipertandingkan pada Pekan Olah Raga Nasional ( PON ) ke 2 tahun 1952 yang diselenggarakan di kota Jakarta.

Pada tanggal 22 januari 1955 organisasi Bola Voli Seluruh Indonesia yang dinamakan PBVSI resmi didirikan dan diketuai oleh W.J. Latumenten, dan pada tanggal 28 mei dan 30 mei di adakan kongres dan Kejuaran Nasional Bola Voli yang pertama di indonesia bertempat di Jakarta. (hal-5)

0 Response to "Permainan bola voli dan sejarahnya"

Post a Comment