Penyebab kenapa kepala sering pusing mendadak

Pernahkah sobat sewaktu sedang beraktifitas tiba-tiba mengalami kepala terasa pusing, pening dan seperti berdenyut-denyut atau mungkin pandangan menjadi berputar-putar seolah-olah lingkungan yang ada di sekeliling sobat menjadi berputar-putar dan mengakibatkan sobat menjadi kehilangan keseimbangan seperti akan jatuh dan limbung.

Atau mungkin juga saat sobat sedang mengalami pusing tersebut juga disertai rasa ingin pingsan dan terhuyung-huyung, gejala-gejala tersebut merupakan gejala kepala pusing yang umum terjadi.

Berikut ini adalah beberapa faktor pemicu yang biasanya menjadi penyebab kita mengalami kepala pusing mendadak.
penyebab kenapa kepala sering pusing mendadak
source pics : dietdoctor

Penyebab Kepala sering pusing mendadak

  • Pusing yang disertai dengan perasaan ingin pingsan atau limbung dan terhuyung-huyung biasanya terjadi dikarenakan tekanan darah yang tiba-tiba turun dikarenakan terlalu lama duduk atau terlalu lama jongkok dan kemudian berdiri tiba-tiba, pandangan serasa kabur dan kepala terasa berputar.
  • Hal tersebut dikarenakan pasokan darah ke otak berkurang atau tidak cukup yang mengakibatkan timbulnya perasaan ingin pingsan, selain itu seperti terjadinya gangguan gagal jantung juga dapat menyebabkan pasokan darah ke otak berkurang.
  • Pusing yang disertai seolah-olah lingkungan disekeliling kita berputar dengan hebat dan terkadang disertai dengan rasa mual-mual, kemungkinan pusing yang sobat derita dikarenakan Vertigo, kondisi hilangnya atau terganggunya struktur keseimbangan yang terjadi akibat infeksi telinga bagian dalam (sistemvestibular), beberapa hal yang dapat memicu vertigo, terjadinya infeksi atau inflamasi pada bagian dalam telinga, perubahan posisi kepala pada saat kita tidur, gangguan kesehatan seperti kepala migrain, penyakit Meniere, neuroma akustik.
  • Pusing dengan disertai perasaan seperti ingin pingsan, limbung dan terhuyung-huyung bisa terjadi atau disebabkan karena terjadi gangguan pada otak kita seperti dikarenakan terkena penyakit tumor otak dan Parkinson, selain itu bisa juga terjadi dikarenakan gangguan pada saraf-saraf di telapak kaki, gangguan penglihatan yang kurang jelas dan bisa terjadi karena efek samping penggunaan obat-obatan seperti obat penenang dan obat anti kejang.
  • Pusing disertai perut mual dan muntah serta berkeringat bisa terjadi akibat dari keracunan makanan atau minuman, biasanya tubuh terasa lemas dan disertai demam.
 Berikut ini adalah beberapa hal lain yang dapat menyebabkan kita mengalami kepala sering pusing secara tiba-tiba.
  • Dehidrasi dan kepanasan akibat terlalu lama berdiri di bawah sinar matahari yang terlalu panas.
  • Konsumsi minuman mengandung alkohol.
  • Berkurangnya pasokan darah ke otak kita seperti akibat terjadinya penyempitan pembuluh darah.
  • Rendahnya kadar gula tubuh akibat sedang berpuasa atau telat makan.
  • Efek samping dari obat-obatan seperti obat penurun tekanan darah.
 Dibawah ini adalah beberapa cara dan langkah yang mungkin bisa sobat gunakan untuk mencegah dan mengatasi kepala pusing tiba-tiba muncul secara tiba-tiba.
  • Kurangi konsumsi minuman beralkohol, bersoda, berkafein dan rokok, beberapa hal tersebut selain dapat sebagai pemicu terjadinya pusing juga dapat memperparah kondisi pusing yang sedang sobat derita.
  • Banyak minum air putih dapat membantu mencegah terjadinya pusing yang diakibatkan oleh karena kekurangan cairan pada tubuh kita serta dapat membantu menyembuhkan saat pusing melanda.
  • Jika sobat memiliki karakter darah rendah hindari untuk berdiri atau bangkit dari duduk dan jongkok secara tiba-tiba.
  • Makan dengan teratur dapat mencegah dan mengurangi resiko terserang pusing dengan disertai rasa lemas, limbung, dan serasa ingin pingsan.
  • Jika sobat mengalami pusing secara tiba-tiba dengan disertai rasa ingin pingsan atau terhuyung-huyung dan hilang keseimbangan segera cari tempat bersandar atau segera duduk dan berbaring untuk menghindari terjadinya cidera akibat terjatuh.
Beberapa gejala pusing dapat sembuh dengan sendirinya tanpa melalui pengobatan, jika sobat mengalami kepala sering pusing mendadak dan frekuensi terjadi berulang kali sebaiknya sobat segera periksakan kondisi sakit kepala pusing tersebut ke instansi kesehatan terdekat untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat untuk kondisi pusing yang sedang sobat alami saat ini, karena tidak menutup kemungkinan bahwa pusing yang sedang sobat alami tersebut dikarenakan adanya penyakit yang lebih serius, semoga bermanfaat. ( Hal-5 )

0 Response to "Penyebab kenapa kepala sering pusing mendadak"

Post a Comment