Cara cepat mengobati gatal di selangkangan

Pernahkah sobat mengalami gatal di selangkangan sobat, saya pernah hehehe, rasa gatal yang terasa teramat sangat gatal dan semakin digaruk bukannya semakin berkurang justru rasa gatal seperti semakin tambah gatal? Pastinya hal tersebut sangat menyebalkan dan sangat menggangu apalagi jika rasa gatal tersebut muncul saat kita sedang berada di area umum yang terbuka, malu dong rasanya jika kita garuk-garuk selangkangan di situ.

Penyebab gatal di selangkangan

Penyebab rasa gatal di selangkangan yang sobat rasakan tersebut bisa saja terjadi akibat dari infeksi jamur atau iritasi yang diakibatkan karena penggunaan celana dalam yang terlalu ketat atau bisa juga dikarenakan alergi makanan atau penggunaan bahan kimia tertentu, dan di beberapa kasus bisa terjadi dikarenakan aktif secara seksual dan tertular penyakit seperti sifilis dan herpes genital.

Tanda-tanda yang timbul jika gatal di selangkangan diakibatkan oleh infeksi jamur biasanya berupa merah atau coklat kehitaman, muncul benjolan kecil pada area selangkangan yang terasa gatal, teradapat sisik atau kulit mengelupas pada area tersebut dan bila saat kita berkeringat rasa gatal akan muncul dan terasa sangat gatal.

Cara cepat mengobati gatal di selangkangan
contoh gatal atau ruam yang timbul akibat infeksi jamur


Peradangan pada kulit juga merupakan salah satu penyebab gatal di area selangkangan, hal tersebut terjadi dikarenakan iritasi yang ditimbulkan oleh gesekan kulit dengan kulit pada selangkangan atau kulit dengan celana dalam yang tentu saja diperburuk dengan faktor kelembapan.

Bakteri juga bisa jadi penyebab munculnya gatal di selangkangan, ciri-ciri jika selangkangan terinfeksi bakteri munculnya warna kemerahan pada area selangkangan dengan disertai rasa gatal serta timbulnya nanah, dan jika infeksi sudah parah rasa gatal biasanya akan disertai dengan demam dan terasa nyeri.

Selangkangan merupakan tempat favorit bagi jamur untuk tumbuh dan berkembang biak dikarenakan area pada selangkangan umumnya lembab dan juga hangat, hal tersebut merupakan salah satu faktor penunjang untuk jamur berkembang semakin cepat, jadi apabila rasa gatal pada selangkangan sobat tidak segera diobati maka jamur akan semakin berkembang.

Mengobati gatal pada selangkangan

Untuk mengobati atau mengatasi gatal di selangkangan dengan cepat dan tepat tentu saja sobat harus mengetahui terlebih dahulu apa penyebab gatal yang timbul pada selangkangan kemudian barulah sobat bisa menentukan penggunaan obat untuk mengatasinya, simak langkah berikut ini :

  • Obati gatal dengan obat anti jamur, baik dengan menggunakan obat yang diminum atau obat oles cream atau cair, contoh obat gatal apotik yang dioles seperti Fungiderm, Daktarin, kalpanax (cair) dan lain sebagainya.
  • Penggunaan Kalpanax menurut pengalaman saya pribadi cukup cepat dan ampuh untuk mengobati gatal di selangkangan meski nanti saat penggunaan Kalpanax area gatal yang terdapat di selangkangan yang diakibatkan infeksi jamur akan terasa sangat pedih sesaat setelah di oles Kalpanax dan itu pertanda obat bekerja dan memang gatal disebabkan oleh jamur, gunakan setelah selesai mandi dan keringkan terlebih dahulu selangkangan dengan menggunakan kain atau handuk yang bersih dan jangan digunakan untuk kedua kali.
  • Sempatkan untuk membersihkan selangkangan dari keringat jika sobat selesai beraktifitas, jika memungkinkan bersihkan dengan menggunakan cairan alkohol pada area selangkangan yang gatal.
  • Jangan menggunakan celana dalam yang ketat usahakan menggunakan celana dalam yang lebih longgar, hal tersebut dimaksudkan supaya area selangkangan tidak terlalu lembab yang diakibatkan oleh karena keringat dan juga untuk meminimalisir pergesekan kain dengan selangkangan.
  • Hindari menggaruk selangkangan yang gatal dengan menggunakan kuku dan menggaruk dengan keras, gunakan ujung jari secara perlahan untuk menggaruk, hal tersebut dimaksudkan supaya kulit yang terinfeksi tidak terluka dan tidak memperparah perkembangan jamur.
  • Jika infeksi diakibatkan oleh bakteri penggunaan antibiotik diperlukan untuk mengobati gatal pada selangkangan.
  • Dan jika setelah sobat menggunakan obat-obatan diatas tapi gatal di selangkangan belum juga sembuh segera sobat bawa ke Dokter spesialis penyakit kulit terdekat supaya mendapatkan penanganan lebih intensif.

Baca juga : Obat dompo di apotik yang ampuh


Intinya jika sobat menderita gatal di selangkangan selain dengan pengobatan menggunakan obat apotik seperti salep, cream, obat minum atau obat oles cair sobat juga harus rajin menjaga kebersihan selangkangan untuk mengatasi rasa gatal di selangkangan sobat.

Semoga cepat sembuh!

0 Response to "Cara cepat mengobati gatal di selangkangan"

Post a Comment