Cara Mengatasi Bibir Pecah-pecah dan kering

Bibir pecah-pecah dan kering bisa jadi merupakan salah satu pertanda bahwa tubuh kita saat ini sedang mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi, bisa juga pada saat ini sobat sedang mengalami gangguan kesehatan panas dalam.

Memiliki permasalahan dengan bibir kering dan pecah-pecah sangat membuat tidak nyaman selain dikarenakan rasa perih yang disebabkan oleh sobeknya bibir yang cukup mengganggu pada saat kita makan ataupun tersenyum, kondisi bibir kering yang pecah-pecah juga dapat membuat kita tidak percaya diri saat berinteraksi dengan orang lain.

Nah jika saat ini memang sobat sedang mengalami bibir kering dan pecah-pecah silahkan sobat simak ulasan mengenai cara mengatasi bibir pecah-pecah berikut ini.

bibir pecah-pecah dan kering

Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah

  • Minum air putih
Minum air putih yang banyak dapat membantu sobat dalam mengobati bibir yang kering dan pecah-pecah karena dehidrasi, selain sangat bagus untuk mengatasi dehidrasi air putih juga memiliki banyak khasiat buat kesehatan tubuh kita.
  • Jangan menjilat dan menggigit bibir
Pada saat sobat sedang mengalami bibir yang pecah-pecah hindari atau kurangi untuk keinginan menjilat dan menggigit bibir, karena dengan menjilat dan menggigit bibir dapat memicu infeksi pada luka yang ada pada saat bibir sobek atau pecah-pecah.
  • Madu
Madu sangat ampuh digunakan untuk mengatasi bibir pecah-pecah, karena madu kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang dapat berfungsi menjadi pelembab alami untuk kulit bibir kita, oleskan madu cair pada permukaan bibir yang pecah-pecah dan kering selama 3 kali sehari lakukan rutin.
  • Ketimun
Kandungan air yang terdapat pada ketimun sangat bagus untuk mengatasi bibir yang pecah-pecah, caranya gosokkan irisan ketimun secara merata pada permukaan bibir kita yang kering dan pecah-pecah setelah merata diamkan beberapa saat kurang lebih selama 15 hingga 20 menit, setelah itu bersihkan dengan air hangat, lakukan rutin.
  • Minyak Jarak
Sobat bisa menggunakan minyak jarak untuk mengobati bibir pecah-pecah yang sobat derita, caranya oleskan minyak jarak secara merata pada permukaan bibir secara teratur 2 kali sehari.
  • Gula
Mengatasi bibir pecah-pecah bisa dengan menggunakan satu sendok gula yang dicampur dengan satu sendok madu aduk secara merata dan oleskan larutan gula dan madu tersebut secara merata ke permukaan bibir sobat yang kering dan pecah-pecah, diamkan selama 5 menit dan gosok dengan jari secara perlahan, hal tersebut bisa digunakan untuk cara mengelupas bagian bibir sobat yang kering.
  • Tomat
Buah tomat sangat ampuh untuk digunakan mengobati bibir yang kering dan pecah-pecah, caranya oleskan irisan tomat secara merata pada bibir sobat yang kering dan pecah-pecah, bisa ditambahkan dengan sedikit madu, lakukan secara rutin.
  • Minyak Kelapa
Selain berfungsi sebagai bahan untuk menggoreng, minyak kelapa sangat bagus jika digunakan untuk mengatasi bibir yang kering dan mengalami pecah-pecah serta juga sangat bagus untuk menjaga kelembaban kulit pada bibir supaya tidak kering, oleskan secara merata minyak kelapa pada permukaan bibir yang kering dan pecah-pecah, lakukan secara rutin.
  • Lidah Buaya
Selain sangat bagus untuk merawat kesehatan rambut, lidah buaya juga sangat bagus digunakan untuk menjaga kelembaban kulit pada bibir dan dapat mengatasi bibir pecah-pecah, caranya gunakan daging lidah buaya yang sudah dicuci bersih dan oles-oleskan secara merata pada permukaan bibir yang kering dan pecah-pecah, lakukan secara rutin.
  • Mentega
Tidak hanya berfungsi untuk membuat sedap berbagai macam olahan makanan dan kue, kandungan asam lemak yang terdapat dalam mentega dapat menyembuhkan bibir kering dan pecah-pecah serta dapat menjaga dan mengembalikan kelembaban kulit pada bibir, oleskan secara merata pada bagian bibir yang pecah-pecah dan kering, lakukan rutin.

Beberapa cara diatas bisa sobat coba gunakan untuk mengatasi bibir pecah-pecah dan kering yang sedang sobat derita saat ini, jika setelah melakukan cara diatas dan bibir sobat masih pecah-pecah dan kering atau tidak menunjukkan hasil silahkan sobat segera konsultasikan kepada instansi kesehatan terdekat supaya mendapatkan pengobatan lebih lanjut. Semoga lekas sembuh.

0 Response to "Cara Mengatasi Bibir Pecah-pecah dan kering"

Post a Comment