Pengertian search engine atau mesin pencari

Bagi sobat yang sering menggunakan internet dalam mencari suatu informasi pasti tidak asing dengan istilah search engine atau mesin pencari, akan tetapi bagi sobat yang mungkin baru belajar dalam menggunakan internet pasti akan asing dan akan bertanya-tanya apa sih maksudnya search engine itu?

Kali ini kita akan coba mengulas mengenai apa pengertian search engine itu, apakah fungsi dari search engine, dan beberapa contoh dari search engine yang ada dan yang bisa sobat gunakan nantinya dalam mencari berbagai macam informasi yang tersedia di Dunia Maya.
Pengertian mesin pencari

Pengertian Search Engine

Menurut informasi yang terdapat pada Wikipedia Search Engine atau mesin pencari adalah sebuah program software atau perangkat lunak komputer yang dirancang dan dibuat untuk melakukan pencarian data atau berkas-berkas yang tersimpan dan terdapat dalam layanan World Wide Web (WWW), File Transfer Protocol (Ftp), mailing list dan News Group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer client dalam suatu jaringan.

Hasil dari pencarian data tersebut akan menampilkan bermacam-macam data informasi yang bersumber dari website, blog dan forum-forum tertentu, hasil dari pencarian yang dilakukan oleh search engine ini biasanya di sebut dengan istilah Search Engine Result Pages (SERPs).

Hasil pencarian data yang di lakukan oleh search engine bisa memunculkan variasi seperti halnya gambar, video dan bentuk lainnya, hasil pencarian data yang ditampilkan tersebut memiliki urutan yang disesuaikan dengan algoritma masing-masing search engine.

Dan lebih ringkasnya pengertian search engine adalah perangkat lunak yang kita gunakan untuk mencari data atau informasi yang terdapat dalam dunia maya atau internet.

Fungsi search engine

Dibawah ini adalah beberapa fungsi dari search engine atau mesin pencari :
  • Memudahkan masyarakat atau dalam hal ini adalah pengguna internet dalam mencari sebuah informasi data yang terdapat dalam jaringan internet.
  • Menampilkan hasil pencarian yang seakurat mungkin dengan keyword pencarian yang diketikan ke dalam mesin pencari tersebut.
Berikut ini adalah Beberapa contoh search engine yang paling populer dan banyak digunakan oleh para pengguna internet saat ini.
Dan masih banyak lagi search engine yang terdapat di internet, semoga informasi tentang Pengertian Search Engine tersebut bisa bermanfaat.

0 Response to "Pengertian search engine atau mesin pencari"

Post a Comment