tanaman hias pengusir nyamuk dalam rumah

Pada artikel sebelumnya kita sudah pernah mengulas mengenai 5 jenis Tanaman Pengusir Nyamuk dan pada kesempatan kali ini hal-5 akan sedikit menambahkan beberapa tanaman hias pengusir nyamuk yang paling ampuh yang bisa anda tanam di dalam wadah atau pot kecil dan bisa ditaruh didalam rumah.

Selain berguna untuk mengusir nyamuk tanaman-tanaman tersebut juga indah dan cantik, sangat cocok untuk kita jadikan tanaman hias dalam rumah kita.

Dibawah ini adalah beberapa tanaman hias pengusir nyamuk yang ampuh dan bisa untuk di taruh di dalam rumah sekaligus digunakan untuk mempercantik ruangan rumah kita.

Tanaman Hias Pengusir Nyamuk dalam rumah

  • Kecombrang
Bunga kecombrang atau yang biasa disebut kincung oleh orang medan, siantan oleh orang Malaysia dan orang-orang Thailand menyebutnya kaalaa, selain ampuh untuk mengusir nyamuk tanaman bunga tersebut juga dimanfaatkan sebagai bahan sayuran. Tanaman tersebut juga cocok dijadikan tanaman hias karena bunga kecombrang yang baru mekar terlihat sangat indah seperti gambar dibawah ini.
tanaman hias pengusir nyamuk kecombrang
kuncup dan bunga kecombrang

  • Marigold
Marigold merupakan tanaman yang berasal dari mexico dan Guatemala, terdapat dua jenis marigold yaitu marigold Tagetes erecta (African Marigold ) dan Tagetes patula (Dwarf French Marigold).di Indonesia sendiri marigold biasa disebut bunga tai ayam. Selain sebagai tanaman pengusir nyamuk yang ampuh marigold sangat cocok untuk dijadikan tanaman hias.
tanaman hias pengusir nyamuk marigold

  • Citrosa Mosquito
Tanaman yang bisa mengusir nyamuk dan berasal dari Negara Belanda ini memiliki aroma wangi seperti lemon, aroma wangi inilah yang tidak disukai oleh serangga termasuk juga nyamuk. Citrosa tidak memerlukan perlakuan khusus dalam perawatannya hanya dengan pemberian cukup air dan pupuk saja, namun tanaman hias pengusir nyamuk yang satu ini susah kita dapatkan di Indonesia.
tanaman hias pengusir nyamuk citrosa

  • Akar wangi
tanaman hias pengusir nyamuk akar wangi
akar wangi


Untuk akar wangi sendiri sebenarnya sedikit melenceng bila di kategorikan ke dalam tanaman hias sebab yang kita gunakan pada tanaman ini adalah akarnya yang beraroma sangat wangi dan aroma yang muncul dari akar tersebut dipercaya sangat bisa mengusir nyamuk terutama nyamuk aides aegepty yang menyebabkan penyakit demam berdarah.
hiasan akar wangi
kerajinan tangan dari akar wangi
Untuk akar wangi biasanya banyak dijual dalam berbagai macam bentuk hiasan hingga sangat cocok bila digunakan dan ditaruh pada salah satu sudut rumah untuk mempercantik ruangan rumah kita.
  • Kemangi atau basil
tanaman hias pengusir nyamuk kemangi
tanaman kemangi dalam pot

Meski tidak memiliki bunga yang cantik pohon kemangi / basil selain digunakan sebagai lalapan serta bumbu pada makanan atau sayuran juga sangat ampuh digunakan untuk mengusir nyamuk, bau dari tanaman ini sangat kuat dan beraroma segar hingga mengakibatkan nyamuk enggan untuk mendekat.

Sangat cocok juga bila anda tempatkan pada pot kecil dan letakkan pada jendela rumah selain menambah aksen segar dikarenakan warna hijau daunnya, juga kesegaran yang timbul dikarenakan aroma daun kemangi tersebut saat tertiup angin.

Daripada menggunakan obat-obatan kimia tentunya akan lebih baik dan lebih bijak apabila kita menggunakan Tanaman hias sebagai media pengusir nyamuk dari rumah karena dengan menggunakan metode tersebut selain dapat menjauhkan keluarga kita dari serangan nyamuk kita juga melindungi keluarga kita dari serangan penyakit yang disebabkan oleh nyamuk. (hal-5)

1 Response to "tanaman hias pengusir nyamuk dalam rumah"