susah tidur diwaktu malam? berikut tips cara mengatasi insomnia

Jika akhir-akhir ini sobat sering mengalami susah tidur saat malam hari bisa jadi sobat menderita insomnia, sangat menyebalkan pastinya jika mengalami susah tidur saat malam hari sementara kita harus bangun pagi untuk bekerja lagi di keesokan harinya. Setelah sebelumnya hal-5 memberikan informasi mengenai Pengertian Insomnia kali ini akan kita ulas juga mengenai Cara mengatasi Insomnia atau sulit tidur.

Menurut Wikipedia gejala sulit tidur atau Insomnia sebenarnya bukan penyakit melainkan sebuah gejala yang ditimbulkan oleh berbagai macam hal seperti gangguan emosional seperti stress, gangguan kesehatan atau penggunaan obat-obatan tertentu.

Biasanya orang yang mengalami Insomnia atau sulit tidur seringkali mengkonsumsi obat tidur untuk mengobati insomnia dan gangguan tidur yang mereka alami.

Akan tetapi sebenarnya cara mengatasi insomnia atau sulit tidur dengan penggunaan obat tidur ini sangat tidak dianjurkan selain memiliki efek samping seperti salah satu contohnya ketergantungan dan juga efek dari obat tidur akan semakin berkurang dengan intensitas seringnya pengkonsumsian obat tersebut, dimana tubuh akan semakin terbiasa dengan dosis pemakaian obat tersebut.


Cara mengatasi insomnia atau sulit tidur dengan alami


Cara Mengobati Insomnia dengan alami

Sebenarnya terdapat beberapa cara mengatasi insomnia yang bisa sobat lakukan selain dengan menggunakan obat tidur, dan cara-cara dibawah ini adalah beberapa cara terapi insomnia yang bisa sobat lakukan dirumah bila sobat mengalami insomnia atau susah tidur.
  • Kurangi penggunaan cahaya sewaktu tidur.
  • Olahraga secara teratur, selain membuat sehat tubuh olahraga juga merupakan salah satu cara bagus  terapi insomnia.
  • Jangan mengkonsumsi alkohol, dengan mengkonsumsi alkohol mengakibatkan fungsi tubuh terganggu.
  • Kurangi atau berhenti merokok, nikotin yang terkandung dalam rokok merupakan stimulan yang bisa membuat tubuh menjadi terjaga seperti halnya kafein.
  • Kurangi minum kopi atau tidak mengkonsumsi kopi karena kafein yang terkandung dalam kopi merupakan stimulan yang bisa membuat anda menjadi terjaga.
  • Mandi atau berendam menggunakan air hangat juga merupakan salah satu terapi insomnia yang cukup bagus untuk dilakukan setelah seharian sobat melakukan aktifitas, dengan mandi air hangat bisa melemaskan kembali otot-otot tubuh yang tegang akibat kelelahan.
  • Buat kondisi kamar atau ruang tidur anda senyaman mungkin.
  • Kurangilah melihat jam saat sedang susah tidur karena semakin diliat jam semakin besar rasa cemas dan khawatir sobat, karena besok harus bangun pagi untuk bekerja, semakin tinggi rasa cemas dan khawatir sobat akan semakin susah tidur.
  • Buat pikiran anda se rileks mungkin sebelum tidur seperti dengan mendengarkan musik atau hal lainnya yang bisa membuat anda rileks.
  • Tidur di tempat yang tenang atau tidak terlalu banyak gangguan suara dan cahaya.
  • Tidur dengan posisi yang nyaman, nyamankanlah posisi sobat sebelum tidur hal ini juga dipercaya bisa mengatasi  insomnia yang sobat alami.
  • Atur jadwal tidur dan jam bangun yang teratur setiap harinya dengan memasang alarm, dengan semakin teraturnya waktu tidur sobat hal tersebut sangat membantu sobat dalam mengatasi insomnia yang sobat alami.
Nah beberapa cara mengatasi insomnia atau sulit tidur dengan alami diatas adalah beberapa cara yang bisa sobat lakukan untuk mengobati insomnia yang sobat alami, semoga cara tersebut bisa membantu.

2 Responses to "susah tidur diwaktu malam? berikut tips cara mengatasi insomnia"

  1. Stress dan ketegangan saraf merupakan salah satu penyebab sulit tidur (insomnia), yang selanjutnya akan memperburuk kondisi tubuh dan mengganggu produktivitas kerja. Mau tau cara menyembuhkan isomnia dengan bantuan suplemen ? Masuk sini http://goo.gl/ZttSUU

    ReplyDelete