Khasiat dan manfaat kencur untuk kesehatan

Kencur sudah dikenal akan manfaat dan khasiatnya buat kesehatan tubuh kita sejak dari jaman nenek moyang kita, terbukti banyak tersedia pada warung jamu tradisional dan sekarang jamu kencur juga dikemas dengan kemasan modern. Manfaat kencur untuk kesehatan sangat banyak sekali, selain untuk kesehatan juga bisa untuk merawat kecantikan tubuh.

Kali ini hal-5 akan memberikan sedikit informasi mengenai khasiat dan manfaat tanaman kencur untuk kesehatan, kencur seperti informasi yang tertulis pada Wikipedia adalah salah satu jenis tanaman empon-empon(tanaman obat) yang termasuk ke dalam suku temu-temuan. Tumbuhan kencur biasanya tumbuh subur pada daerah dataran rendah atau pegunungan dengan tanah yang gembur dan tidak terlalu banyak mengandung air.

Rimpang (Rizoma ) kencur mengandung minyak atsiri dan alkaloid yang bagus bagi tubuh dan dimanfaatkan sebagai stimulan, selain kandungan tersebut masih banyak lagi kandungan zat yang berguna bagi tubuh kita seperti mineral, zat pati, Gom, kamphene dan lain sebagainya.

manfaat kencur untuk kesehatan

Manfaat kencur bagi kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat tanaman kencur untuk kesehatan tubuh kita :
  • Menambah nafsu makan
Berikan jamu beras kencur kepada anak-anak bila susah makan.
  • Penyegar kondisi tubuh
Minum jamu beras kencur secara rutin bisa menyegarkan kondisi tubuh yang sedang loyo.
  • Obat masuk angin
Caranya pada saat badan terasa meriang cobalah konsumsi 1 rimpang kencur yang sudah dibersihkan dengan ditambah sedikit garam kemudian minum air hangat lakukan rutin 2 kali sehari.
  • Obat batuk yang tidak kunjung sembuh
Bersihkan kencur dan potong kira-kira sebesar 1 ruas jari tangan, kemudian makan dengan ditambahkan sedikit garam lalu gelontor dengan air hangat lakukan rutin sebanyak 3 kali sehari.
  • Mengobati radang lambung
Gunakan 2 rimpang kencur yang sudah dicuci bersih parut halus kemudian peras, minum sari perasan kencur tersebut secara rutin hingga lambung sembuh.
  • Mengatasi mulas pada perut
Gunakan satu rimpang kencur yang sudah di bersihkan dan dicuci kemudian parut dan tambahkan 2 sendok air hangat dan sedikit garam, peras dan saring. Minum secara rutin 2 hingga 3 kali sehari.

Manfaat kencur untuk pengobatan alami

Selain untuk mengatasi masalah kesehatan diatas manfaat tanaman kencur bagi kesehatan masih banyak lagi, biasanya kencur digunakan untuk bahan baku obat herbal untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti dibawah ini :
  • Obat Anti kanker
  • Obat Peradangan usus
  • Melancarkan peredaran darah
  • Anti oksidan
  • Mengobati berbagai macam masalah pencernaan, dan masih banyak lagi.
Khasiat kencur lainnya biasanya digunakan sebagai bahan baku obat perawatan kulit dan kecantikan wajah.

Nah banyak sekali bukan khasiat dan manfaat kencur bagi kesehatan tubuh kita, yang pasti jika kita menggunakan pengobatan alami dengan obat-obatan herbal kita terhindar dari berbagai macam efek samping yang ditimbulkan sewaktu kita menggunakan obat kimia. Silahkan bagikan informasi tersebut jika bermanfaat.

0 Response to "Khasiat dan manfaat kencur untuk kesehatan"

Post a Comment