Manfaat Tanaman Sereh bagi Kesehatan

Tanaman serai atau yang lebih dikenal dengan "sereh" yang selama ini yang sudah umum kita ketahui adalah sebagai salah satu bumbu dalam masakan yang berfungsi sebagai penyedap rasa, disamping sebagai bumbu masakan serai biasanya juga menjadi salah satu bahan campuran dalam minuman, selain itu manfaat tanaman serai lainya adalah sebagai tanaman yang ampuh untuk mengusir nyamuk di rumah kita.

Sedikit informasi mengenai tanaman serai seperti yang tertulis pada Wikipedia, tumbuhan serai merupakan tumbuhan yang termasuk ke dalam suku rumput-rumputan yang dimanfaatkan sebagai bumbu masakan untuk mengharumkan aroma masakan.

Manfaat Tanaman serai bagi kesehatan
Daun sereh
 

Manfaat sereh untuk kesehatan

  • Menghilangkan bau badan
Batang dan daun serai sering digunakan sebagai bahan pembuat sabun atau deodorant didalam serai terdapat sifat anti bakteri yang dapat membantu memerangi dan mengurangi bau badan yang tidak sedap pada tubuh kita, selain itu juga dapat mencegah infeksi jamur dan bakteri.
  • Anti Kanker
Menurut penelitian di dalam batang sereh mengandung citral, salah satu senyawa zat anti kanker yang dapat membantu membunuh sel kanker pada tubuh kita.  Caranya dengan meminum air rebusan serai secara teratur.
  • Detoksifikasi
Sereh dapat membantu membersihkan senyawa racun keluar dari tubuh kita, dikarenakan sifat diuretiknya daun serai membantu menjaga kelancaran fungsi berbagai organ dalam tubuh kita seperti ginjal dan hati serta juga dapat membantu mengurangi atau menurunkan kadar asam urat dalam tubuh kita, efek diuretik dari serai membantu mengeluarkan racun dari tubuh kita secara efektif.
  • Diabetes
Air rebusan serai dapat membantu membersihkan pankreas dari zat racun dan membantu meningkatkan fungsi dari pancreas sehingga dapat mengurangi tingkat gula darah pada penderita diabetes.
  • Mulas
Manfaat sereh juga dapat digunakan untuk mengobati mulas, dengan meminum secangkir teh dari daun sereh dapat membantu menyembuhkan mulas / gangguan pencernaan yang dikarenakan kandungan zat asam berlebihan pada lambung kita.
  • Mengurangi berat badan
Tanaman sereh memiliki zat anti-kolesterol dan anti-aterosklerosis, kedua zat tersebut dapat membantu mengurangi penyerapan kolesterol pada usus, serta oksidasi LDL(sejenis kolesterol jahat) yang terdapat dalam darah, yang berarti zat tersebut membantu mencegah salah satu proses awal pembentukan plak aterosklerotik.
  • Mengatasi darah tinggi
Kandungan potasium yang cukup tinggi pada tanaman sereh mendorong efek diuresis pada tubuh sehingga dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah tinggi, konsumsi air rebusan ( teh ) serai secara teratur.
  • Menjaga kesehatan pencernaan
Manfaat sereh yang sudah cukup dikenal yaitu dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan, dengan sifat anti-mikroba yang dimiliki oleh serai membantu mengatur fungsi usus dan motilitas. Zat tersebut bisa membasmi bakteri jahat dan parasit yang terdapat dalam saluran pencernaan kita dan mengembalikan bakteri baik kedalam usus kita, hal tersebut sangat membantu mencegah terjadinya gangguan pencernaan seperti diare, sembelit, perut kembung, kejang, kram perut dan muntah.

Manfaat tanaman serai yang lainnya selain digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan diatas juga bisa digunakan untuk membantu merawat kecantikan dan kesehatan kulit, mengkonsumsi teh serai secara teratur dapat membantu mengurangi jerawat pada wajah kita dan juga dapat membantu mengatasi eksim dan psoriasis. Semoga bermanfaat.(hal-5)

2 Responses to "Manfaat Tanaman Sereh bagi Kesehatan"

  1. BANTU PROSES KARTU KREDIT BANK BNI SYARIAH
    BNI Syariah Hasanah Card Classic credit card
    BNI Syariah Hasanah Card Classic
    Mencari kartu kredit yang menggunakan prinsip syariah? BNI Syariah Hasanah Card Classic jawabannya yang menggunakan Akad Kafalah, Qardh, dan Ijarah.
    INFO pin 582F4A2E TLP/SMS/WA DI 085600125176/FB CHAIRUL ICHSAN BUANA atau di duniabuana@rocketmail.com. alamat email di rooly88@gmail.com, melayani nasabah di seluruh nusantara
    BP CHAIRUL SARTO UTOMO untuk
    KANTOR BASECAMP DIVISI MARKETING DI
    JL PANDA BARAT V NO 7
    Berikut Alamat dan Nomor Telepon Bank BNI Syariah Kantor Cabang Semarang.
    Alamat: Jl Ahmad Yani No. 152, Semarang 50242.
    Nomor Telepon: (024) 831 3247 831 5027
    Nomor Faks: (024) 831 3217
    karyawan lampirkan syarat fc ktp slip gaji min 3 juta npwp wajib, wiraswasta lampirkan fc ktp,npwp,siup dan tdp untuk wiraswasta wajib ada no fixline ( telp kabel ) di tempat usahanya
    proses berkas dikirim via emai/wa/line/bbm dan 100% aman bisa hub no bni syariah ahmad yani untuk menanyakan nama saya ,atau
    BNI Syariah Call Center 500046 atau 68888 melalui ponsel.
    proses kurang lebih 14 hari kerja, TERIMA KASIH

    ReplyDelete