Manfaat daun patah tulang

Siapa sangka tanaman patah tulang yang selama ini sering kita kenal dan ketahui hanya sebagai tanaman hias yang cukup unik dikarenakan hanya berupa seperti ranting tanpa daun dan menghiasi salah satu sudut rumah kita ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.


Manfaat daun patah tulang


Pohon patah tulang dapat tumbuh tegak menjulang hingga mencapai ketinggian 2 hingga 6 meter, bentuk daun seperti ranting dengan banyak cabang yang melintang hingga tampak seperti percabangan yang terpatah-patah, berwarna kuning kehijauan dan apabila ranting dipatahkan akan mengeluarkan getah seperti susu berwarna putih kental, pengembang biakan tanaman ini cukup muda hanya dengan metode stek bagian batang.

Tumbuhan patah tulang biasanya dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai macam penyakit, dan salah satu contoh kegunaan tanaman patah tulang getahnya biasanya digunakan untuk membantu mengeluarkan duri atau pecahan kaca dari dalam kulit kita dengan sendirinya.

Dalam getah batang patah tulang mengandung zat senyawa tarakasterol, alpha-laktucerol, euphol zat karet dan beberapa zat lainnya, namun yang perlu diperhatikan adalah getah pohon patah tulang juga beracun jika terkena bagian mata bisa mengakibatkan iritasi dengan rasa panas seperti terbakar, dan juga bisa menyebabkan kebutaan sementara selama beberapa hari dan akan memburuk jika tidak segera ditangani.
Jadi apabila mata sobat terkena getah dari batang patah tulang segeralah bilas dengan air bersih selama kurang lebih 10 sampai 15 menit ulangi sebanyak 2 sampai 3 kali, bisa juga membasuh dengan menggunakan Air Kelapa Muda sebagai pertolongan pertama kemudian segera bawa ke instansi medis terdekat guna mendapatkan perawatan yang tepat.

Selain itu daun patah tulang juga bisa digunakan sebagai Tanaman Pengusir Nyamuk yang ampuh, caranya dengan menggunakan batang patah tulang yang sudah dikeringkan terlebih dahulu kemudian bakar batang tersebut.

Manfaat daun patah tulang untuk kesehatan.

Berikut ini adalah beberapa khasiat tanaman patah tulang untuk kesehatan.
  • Ampuh untuk mengobati sakit gigi, ambil beberapa tetes getah pohon patah tulang dengan menggunakan kapas kemudian oleskan pada bagian gigi yang sakit atau berlubang sebanyak 1 hingga 2 kali sehari, hanya dioleskan pada bagian gigi yang sakit saja jangan sampai terkena gigi yang tidak sakit.
  • Menghilangkan tahi lalat caranya dengan mengoleskan getah tanaman patah tulang pada tahi lalat yang hendak di hilangkan dengan menggunakan kapas, lakukan rutin 2 hingga 3 kali sehari.
  • Mengobati gatal-gatal pada kulit oleskan getah dengan menggunakan kapas pada bagian kulit yang terasa gatal secara rutin.
  • Mengobati frambusia, gunakan batang patah tulang dan gadung cina masing-masing setengah genggam tumbuk hingga halus, tambahkan dengan 1 sendok makan getah pepaya muda dan getah kedondong, campur hingga rata dan oleskan merata pada kulit yang terken frambusia 2 kali sehari secara rutin hingga frambusia hilang.
  • Kulit kapalan dan kutil, gunakan ½ kg batang dahan patah tulang cuci hingga bersih dan rebus dengan menggunakan air kurang lebih 4 liter tunggu hingga mendidih dan air tinggal setengahnya, saat masih hangat rendam bagian kulit yang terdapat kutil atau kapalan selama setengah jam, kemudian keringkan dan oles dengan ramuan param yang terbuat dari trusi yang ditumbuk halus dan ditambah dengan putih telur, balut dengan perban atau kain bersih dan diamkan beberapa saat.
Semoga informasi mengenai manfaat daun patah tulang yang biasanya hanya digunakan sebagai tanaman hias ternyata juga memiliki khasiat untuk mengobati berbagai masalah kesehatan kulit kita ini bisa bermanfaat.(hal-5)

0 Response to "Manfaat daun patah tulang"

Post a Comment