Cara mengatasi mata lelah akibat terlalu lama didepan komputer

Apakah sobat termasuk salah satu orang yang sering menghabiskan banyak waktu di depan komputer seperti sekedar untuk mencari informasi seperti browsing atau aktif di media sosial yang banyak bertebaran di internet, hoby bermain game online atau mungkin dikarenakan sebuah tuntutan profesi yang memang mengharuskan sobat untuk berada di depan komputer dalam waktu yang lama?

Jika memang benar sobat banyak menghabiskan waktu didepan komputer tiap harinya pasti pernah atau bahkan sering mengalami kelelahan pada kedua mata sobat yang tanpa sobat sadari dikarenakan terlalu fokus menatap layar komputer secara intensif.

Kondisi mata lelah sebenarnya tidaklah berbahaya jika segera di tangani tapi jika kelelahan pada mata tidak dihiraukan atau tidak segera ditangani dapat menyebabkan gangguan pada mata sobat seperti mata merah, mata terasa seperti berdenyut-denyut, merasa pusing kepala sebelah atau migren, mata berkunang-kunang hingga penglihatan berkurang atau kabur.

Jika sobat sering mengalami mata lelah dan tidak dihiraukan atau masih saja asik fokus menatap layar monitor tidak menutup kemungkinan nantinya sobat dapat mengalami penurunan fungsi penglihatan mata yang permanen seperti mata minus dan kerusakan pada mata lainnya.

Beberapa hal dibawah ini bisa coba sobat lakukan untuk mengatasi mata lelah yang sobat alami dikarenakan terlalu lama didepan komputer.

Mata Lelah terlalu lama didepan komputer

Tips mengatasi mata lelah karena terlalu lama didepan komputer dengan cara alami dan sederhana

  • Mengedipkan mata
Mengedipkan mata berfungsi untuk menjaga kelembapan pada mata kita, terlalu asik menatap layar komputer dalam waktu yang lama dapat membuat mata kita menjadi kering dan lelah, kedipkan mata secara perlahan selama beberapa saat hingga mata terasa enakan.
  • Obat tetes mata
Beri obat tetes mata pada mata sobat yang terasa lelah atau sudah terasa pedih dikarenakan kondisi mata kering terlalu lama menatap layar monitor, tutup mata beberapa saat setelah diberi tetesan obat air mata, bisa juga dengan menggunakan air rebusan daun sirih untuk obat tetes mata supaya hilang rasa mata lelah yang sobat alami.
  • Memberikan pijatan
Memberikan pijatan-pijatan lembut pada area pelipis mata juga dapat membantu sobat dalam menghilangkan mata lelah, lakukan pijatan lembut sembari menutup mata lakukan kurang lebih selama 10 sampai 15 menit hingga mata terasa lebih segar.
  • Istirahat
Mengistirahatkan mata untuk sesaat adalah hal cukup bijaksana yang bisa sobat lakukan untuk mengurangi mata lelah karena terlalu lama menatap layar komputer.
  • Melihat objek yang jauh
Terlalu lama didepan monitor dapat menyebabkan mata menjadi lelah hal tersebut dikarenakan otot mata fokus digunakan memandang objek yang berjarak terlalu dekat, memandang objek yang jauh dapat sobat gunakan untuk mengurangi rasa lelah pada mata sobat, caranya tutup mata sobat terlebih dahulu kemudian buka mata dan fokuskan untuk memandang objek yang berjarak jauh sebisa mungkin lakukan beberapa saat hingga mata terasa lebih segar.
  • Mengompres mata
Mengompres mata juga dapat membantu mengurangi rasa lelah pada mata akibat terlalu lama menatap layar monitor, basahi kain dengan air hangat dan gunakan untuk mengompres kedua mata yang terasa lelah beberapa saat hingga mata terasa lebih segar.

Cara mengatasi mata lelah diakibatkan terlalu lama didepan komputer diatas bisa sobat gunakan sebagai langkah pertolongan pertama untuk mengobati rasa lelah pada mata yang sedang sobat alami, alangkah baiknya jika pada saat sobat sedang sibuk beraktifitas didepan layar komputer berilah waktu untuk mata sobat beristirahat beberapa saat, dengan begitu dapat mengurangi resiko mata sobat mengalami kelelahan, semoga bermanfaat. (Hal-5)

sumber : Webmd

2 Responses to "Cara mengatasi mata lelah akibat terlalu lama didepan komputer"