Cara mengetahui madu asli atau bukan alias madu palsu

Banyaknya kebutuhan pasar akan madu lebah asli mengakibatkan terjadinya banyak pemalsuan madu yang beredar di pasaran dan tentunya hal tersebut dapat merugikan para penggunannya atau konsumen yang membeli madu tersebut, alih-alih mengeluarkan uang demi untuk mendapatkan khasiat kesehatan dari madu tersebut justru malah mendapatkan madu palsu yang belum tentu kandungan madu palsu tersebut aman untuk dikonsumsi.

Seperti yang sudah umum diketahui bahwa khasiat madu untuk kesehatan sangat banyak sekali dan salah satunya untuk menjaga stamina dan kesehatan tubuh kita, madu juga dapat digunakan untuk mengobati serta menyembuhkan berbagai macam penyakit yang menyerang kita, cara mengetahui madu asli atau bukan berikut ini mungkin perlu sobat ketahui supaya bisa membantu sobat terhindar dari membeli atau mengkonsumsi madu palsu.
Cara mengetahui madu asli atau bukan alias palsu
source pics : wisegeek.com

Cara membedakan madu asli atau palsu

Beberapa cara berikut ini bisa sobat coba lakukan untuk mengetahui bahwa madu tersebut asli atau palsu :
  • Menggunakan api
Gunakan korek api batang atau lilin yang dinyalakan kemudian celupkan kedalam batang korek api atau lilin yang menyala tersebut kedalam madu tersebut, jika madu tersebut asli maka batang korek api atau lilin tersebut akan tenggelam dan api akan terlihat seperti terhisap pelan kedalam madu dan api akan mati perlahan.

Dan jika madu tersebut palsu maka korek api atau lilin yang menyala tersebut akan tenggelam dengan cepat dan nyala api padam dengan cepat tanpa terserap ke dalam madu, hal tersebut dikarenakan ciri-ciri madu asli adalah memiliki tingkat kelembapan yang sangat rendah.
  • Menggunakan semut untuk mengenali madu asli
Salah satu cara untuk mengetahui madu asli berikutnya adalah dengan menggunakan semut, tempatkan madu dalam sebuah wadah terbuka dan letakkan di atas meja, jika madu tersebut asli semut tidak akan masuk ke bagian dalam madu karena madu mengandung enzim murni dan memiliki aroma kuat yang tidak disukai oleh semut.

Dan jika madu tersebut palsu atau tidak murni maka semut akan masuk ke dalam bagian madu dan bisa jadi semut tersebut akan mati dikarenakan oleh racun yang terbentuk melalui pencampuran gula dengan madu.
  • Menggunakan kertas
Kertas juga dapat digunakan untuk mengetahui bahwa madu tersebut asli atau bukan, madu yang asli memiliki kandungan air yang sangat sedikit atau bahkan tidak mengandung air sama sekali, berbeda halnya dengan madu palsu yang biasanya ditambah dengan campuran air dan gula.

Cara mengetahui madu asli atau bukan dengan menggunakan kertas adalah dengan menuangkan madu tersebut ke atas selembar kertas, jika madu tersebut asli maka bagian kertas yang di tuang madu tersebut tidak akan berlubang dan tidak ada air yang menembus kertas tersebut.

Tapi jika madu tersebut palsu atau tidak murni maka kertas akan basah dan dapat membuat lubang atau sobekan pada kertas tersebut.
  • Cara mengetahui madu asli dengan menggunakan air
Madu asli atau madu murni terbuat dari nectar yang tidak mengandung air, untuk mengetahui dan membedakan madu tersebut asli atau bukan bisa dengan menggunakan air yang diletakkan ke dalam gelas kaca , caranya gunakan segelas air mineral dan tuangkan satu sendok madu ke dalam gelas tersebut.

Jika madu tersebut asli maka madu tidak akan mudah tercampur dengan air sehingga madu akan tenggelam ke dasar gelas dan bahkan jika sobat aduk air tersebut madu tidak mudah larut dan bercampur dengan air.

Jika madu tersebut tidak asli atau palsu biasanya madu akan dengan mudah bercampur dengan air dan tidak mengental.
  • Cara mengetahui madu asli dengan melihat tingkat kejernihan
Madu asli biasanya akan terlihat lebih kental dengan warna yang pekat dan memiliki sedikit kotoran seperti serbuk sari dan sisa sarang lebah yang hancur pada saat proses penyaringan, kotoran tersebut biasanya susah dihilangkan dan merupakan sebuah indikator jika madu tersebut adalah madu asli atau madu murni.

Berbeda halnya jika madu tersebut adalah palsu, madu tersebut akan memiliki warna lebih jernih dan terlihat lebih cair juga terlihat lebih bersih, biasnaya madu tersebut terlihat lebih menarik dibandingkan madu yang asli.
  • Kekentalan dan kelengketan madu
Cara mengetahui madu asli berikutnya adalah dengan melihat tingkat kekentalan serta kelengketan madu tersebut, coba letakkan madu tersebut diatas jari dan biarkan kurang lebih selama 2 menit jika madu tersebut asli madu akan meleleh secara perlahan namun dengan kekentalan yang kuat.

Dan jika madu tersebut palsu madu akan terlihat mudah meleleh dan meski begitu madu tersebut terasa lebih lengket.
  • Rasa dan aroma
Madu asli atau madu murni memiliki rasa dan aroma yang unik serta berbeda-beda tergantung dari asal nektar bunga yang dikumpulkan oleh lebah penghasil madu tersebut, meskipun begitu umumnya rasa madu yang asli sana-sama memiliki rasa manis yang kuat, cara mengetahui madu asli bisa dengan mengenali perbedaan rasa pada madu tersebut.

Jika madu tersebut asli rasa madu tidak akan hilang setelah tutup wadah tempat madu tersebut disimpan terbuka selama beberapa menit, namun rasa madu tersebut dapat hilang jika dimasak atau dipanaskan dengan suhu yang terlalu panas.

Dan jika madu tersebut tidak asli atau tidak murni maka rasa madu tersebut akan hilang rasanya setelah bercampur dengan udara dan hanya menyisakan rasa manis gula serta aroma tambahan lainnya, biasanya madu palsu tersebut dicampur dengan gula dan pemanis buatan.


Mengkonsumsi madu yang palsu dalam waktu yang lama dapat mengakibatkan serta meningkatkan kemungkinan munculnya berbagai macam gangguan kesehatan seperti halnya jika madu palsu tersebut terbuat dari gula dan pemanis buatan dapat mengakibatkan diabetes, penyakit ginjal, kanker serta berbagai macam gangguan kesehatan lainnya.

Bukannya mendapatkan manfaat bagi kesehatan justru mendapatkan gangguan kesehatan, dengan mengenali cara mengetahui madu asli atau bukan seperti diatas tentunya dapat membantu sobat terhindar dari kerugian mengkonsumsi madu palsu tersebut, semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara mengetahui madu asli atau bukan alias madu palsu"

Post a Comment