Fungsi donor darah bagi kesehatan

Donor darah adalah sebuah salah satu tindakan yang sangat mulia dan bermanfaat bagi banyak orang terutama bagi orang-orang yang kebetulan sangat membutuhkan bantuan tranfusi darah yang diakibatkan oleh karena sedang mengalami sebuah kejadian kecelakaan atau sedang mengalami pengobatan dan perawatan di Rumah Sakit.

Namun seringkali niat seseorang untuk mendonor darah menjadi urung dikarenakan banyaknya mitos yang beredar dimasyarakat mengenai hal-hal negatif soal donor darah seperti contohnya mendonor darah bisa bikin gemuk atau mendonor darah bisa bikin kecanduan.

Sebenarnya mitos mengenai donor darah tersebut tidak sepenuhnya benar karena kegemukan terjadi karena jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih besar dari kalori yang dikeluaran oleh tubuh atau pola hidup dan makan dari seseorang itulah yang menjadikannya gemuk, justru disaat terjadi proses pengambilan darah dari dalam tubuh terjadi proses pembakaran kalori pada tubuh sebanyak 600 kalori ungkap DR. Dr. Ari Fahrial Syam. SpPD K-GEH, FINASIM, MMB, FACP seorang konsultan Gastroenterologi dan Spesialis Penyakit Dalam dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI).

Dan mengenai donor darah bisa mengakibatkan ketagihan juga tidak sepenuhnya benar meskipun donor dilakukan secara teratur dan rutin hal tersebut tidak mengakibatkan berubahnya jam biologis pada tubuh atau merubah metabolisme tubuh kita, yang ada justru manfaat positif dari donor darah membuat tubuh kita menjadi semakin sehat dikarenakan jantung kita memproduksi darah baru untuk menggantikan darah kita yang diambil.

Fungsi donor darah bagi kesehatan

Dan dibawah ini adalah beberapa manfaat donor darah bagi kesehatan tubuh kita :

fungsi donor darah bagi kesehatan

  • Menyehatkan jantung atau mengurangi resiko pendonor mengalami penyakit jantung.
  • Tubuh kita menjadi lebih segar dan sehat dikarenakan apabila kita melakukan donor secara rutin sel-sel darah merah dalam tubuh kita akan diperbaharui.
  • Menurunkan berat badan secara alami, dengan mendonorkan darah secara tidak sadar kita telah membakar kalori dalam tubuh kita sebanyak 600-650 kalori untuk setiap kali donor.
  • Membantu kulit tubuh kita beregenerasi secara sempurna dan bisa mencegah keriput muncul pada kulit wajah kita.
  • Donor darah dipercaya apabila dilakukan secara rutin dan teratur dapat mengurangi resiko terkena penyakit kanker.
  • Membantu mengurangi dan menurunkan kandungan zat besi pada saluran darah tubuh kita, yang berarti juga mengurangi resiko kita terjangkit penyakit jantung.
  • Mengurangi resiko tubuh kita terserang penyakit stroke.
  • khasiat donor darah untuk kesehatan lainnya adalah dapat membantu menurunkan kadar kolesterol pada tubuh kita.

Selain kita melakukan kegiatan yang terpuji seperti mendonorkan darah kita bagi yang membutuhkan dengan kita melakukan donor secara tidak langsung kita juga menjaga kesehatan tubuh kita.

Apabila kita rutin melakukan donor di PMI tanpa anda sadari pada saat itu anda juga melakukan pemeriksaan kesehatan tubuh anda secara gratis, karena apabila darah anda mengalami kelainan dikarenakan serangan penyakit darah anda tidak akan digunakan dan anda akan mendapat informasi mengenai hal tersebut dari petugas PMI terkait.

Semoga informasi mengenai fungsi donor darah bagi kesehatan kita yang sudah kita bagikan ini bisa bermanfaat bagi sobat yang sedang mencari informasi mengenai donor darah dan semoga bisa merubah pandangan mitos masyarakat mengenai donor darah.(Hal-5)

1 Response to "Fungsi donor darah bagi kesehatan"