Yang dimaksud detoksifikasi adalah

Detoksifikasi adalah sebuah proses alami yang dilakukan oleh tubuh kita untuk membersihkan organ-organ dalam tubuh dari racun dan zat-zat yang tidak diinginkan atau berbahaya yang dapat mengganggu fungsi dari organ tubuh tersebut, atau bisa disebut juga proses pembuangan racun dari tubuh serta zat-zat yang tidak diperlukan dimana zat tersebut dapat mengganggu fungsi dari organ tersebut.

Detoksifikasi sangat diperlukan oleh tubuh kita karena setiap hari kita mengkonsumsi berbagai macam jenis makanan dan minuman yang mungkin saja dari beberapa bahan makanan tersebut mengandung zat-zat yang berbahaya dan mengandung racun serta radikal bebas yang dapat mengganggu kesehatan kita.

Cara detoksifikasi tubuh bisa dengan melalui beberapa metode seperti contohnya menggunakan jus buah-buahan dan sayuran yang notabene mengandung banyak zat yang bermanfaat untuk tubuh kita, bisa juga dengan menggunakan cara detoksifikasi berpuasa atau juga bisa dengan cara mengkonsumsi air putih sebanyak kurang lebih 8 gelas sehari cara tersebut dipercaya bisa membantu proses pengeluaran toxin melalui air kencing.


detoksifikasi adalah


Namun akhir-akhir ini banyak bermunculan obat-obatan dan suplemen yang menawarkan khasiat bisa digunakan untuk detoksifikasi tubuh, tapi makna sebenarnya dari detoksifikasi adalah mengeluarkan racun dan zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh, jika menggunakan obat-obatan atau suplemen yang diolah dengan penambahan yang menggunakan zat kimia tentunya pasti akan mengandung bermacam-macam zat dan mungkin bisa jadi ada salah satu dari zat tersebut justru menjadi racun bagi organ tubuh kita.

Kapan tepatnya kita mengetahui tubuh kita memerlukan detoksifikasi?

Tubuh kita memerlukan proses detoksifikasi saat mulai merasakan atau mulai muncul gejala gangguan kesehatan seperti :
  • Tubuh terasa tidak nyaman atau tidak fit setelah bangun tidur pada pagi hari
  • Badan terasa mudah lelah atau lemah
  • Lesu
  • Bau napas kurang sedap
  • Kepala sering merasa pusing,
  • Muncul gangguan pada kulit seperti gatal-gatal
  • Sering mengalami gangguan pada saluran pencernaan seperti Perut Sebah, Asam Lambung Naik dan Diare.

Proses detoksifikasi dengan menggunakan jus buah dan sayuran

Berikut ini adalah beberapa cara pengeluaran racun dengan menggunakan buah dan sayur-sayuran sebagai bahan detox alami :
  • Jus apel dan jeruk
Gunakan 1 buah apel dan ½ butir jeruk manis ditambahkan sedikit kacang almond dan ubi jalar ½, bersihkan semua bahan kemudian masukkan kedalam blender hingga tercampur rata, minum rutin minimal sehari sekali.
  • Jus buah mangga dengan strawberry
Gunakan 1 buah mangga masak ditambah dengan 4-5 buah strawberry, blender hingga halus minum secara rutin ramuan tiap hari minimal sekali.
  • Jus Lemon
Jeruk Lemon sangat bagus digunakan untuk detoksifikasi, minum jus lemon satu gelas tiap pagi secara rutin.
  • Cabbage dan brokoli
Cabbage dan brokoli kaya akan kandungan senyawa sulforaphane yang sangat bagus dan membantu dalam mengeluarkan racun dari dalam tubuh, selain itu kedua jenis sayuran ini  juga kaya akan kandungan glutathione atau sejenis antioksidan yang bagus untuk proses detoksifikasi organ hati kita.
  • Bawang putih
Khasiat bawang putih yang mengandung zat alicin dapat membantu proses pembentukan sel darah putih dan memiliki khasiat sebagai anti virus, antibiotik alami serta juga anti bakteri sangat bagus untuk memerangi racun yang masuk kedalam tubuh.
  • Rimpang Jahe
Mengkonsumsi secara rutin rimpang jahe juga merupakan proses detox secara alami, jahe memiliki kandungan antioksidan yang sangat bagus untuk sistem kekebalan tubuh, serta sangat bagus untuk merawat dan mengatasi berbagai macam gangguan dalam saluran pencernaan.
  • Teh hijau
Teh hijau sangat kaya akan antioksidan yang sangat berguna dalam membersihkan organ tubuh dari racun, meminum teh hijau secara rutin sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh sobat.

Semoga informasi beberapa jenis buah dan sayuran yang bagus untuk sobat gunakan sebagai cara detoksifikasi alami untuk tubuh kita diatas bisa bermanfaat bagi sobat yang sedang mencari informasi mengenai hal tersebut. (hal-5)

0 Response to "Yang dimaksud detoksifikasi adalah"

Post a Comment