Cara mengatasi BBM tidak bisa dibuka di Android

Apakah Aplikasi BBM pada hp android yang sedang sobat gunakan saat ini tiba-tiba tidak bisa dibuka atau saat tengah digunakan tiba-tiba aplikasi BBM berhenti sendiri dan muncul pemberitahuan “sayangnya BBM telah berhenti”.

Jika benar sobat sedang mengalami masalah tersebut tidak perlu khawatir sobat bisa coba gunakan tips serta langkah-langkah yang terdapat pada ulasan kali ini mengenai cara mengatasi BBM error yang tidak bisa dibuka dan bisa juga sobat gunakan untuk mengatasi aplikasi BBM berhenti sendiri.

Kenapa sih aplikasi BBM tidak bisa dibuka?

Yang menyebabkan aplikasi BBM menjadi tidak bisa dibuka atau menjadi error dan terhenti sendiri bisa jadi seperti penyebab pada Google playstore error akibat dari file rusak atau data sampah yang bermasalah pada folder aplikasi tersebut, bisa juga error pada aplikasi BBM tersebut disebabkan versi BBM yang terpasang pada Hp sobat tidak sesuai dengan versi Android sobat.

Salah satu contoh yang menyebabkan sebuah aplikasi yang berjalan pada Android tiba-tiba berhenti sendiri atau crash biasanya dikarenakan kapasitas memori atau RAM pada Hp sobat tidak mencukupi untuk menjalankan aplikasi tersebut, dalam kasus ini aplikasi BBM memang menggunakan alokasi RAM yang lumayan cukup besar dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi yang lainnya.

BBM berhenti sendiri
aplikasi BBM menggunakan cukup banyak RAM

Dan jika sobat lihat pada gambar diatas aplikasi BBM menggunakan RAM cukup tinggi, jadi jika dalam HP sobat terinstal banyak aplikasi lain dan RAM pada Hp sobat tidak terlalu besar maka hal tersebut dapat membuat aplikasi BBM atau aplikasi-aplikasi yang lain dapat berhenti sendiri sewaktu dijalakan, selain itu aplikasi BBM ternyata juga lumayan banyak memakan daya baterai dan bisa menjadi salah satu penyebab baterai pada android cepat habis.

Mengatasi Aplikasi BBM tidak bisa dibuka

Dibawah ini adalah beberapa cara yang bisa sobat coba lakukan untuk memperbaiki aplikasi BBM yang tidak bisa dibuka dan bisa juga untuk mengatasi aplikasi BBM yang tiba-tiba berhenti sendiri pada android sobat :

Pertama sobat bisa lakukan cara membersihkan file cache atau data-data sampah yang terdapat pada dalam folder aplikasi BBM sobat terlebih dahulu, caranya buka menu setting >> pilih menu Apps

BBM tidak bisa dibuka
setting >> menu apps

Kemudian pilih menu aplikasi BBM


aplikasi bbm tidak bisa dibuka

Pada halaman menu info Aplikasi BBM sobat pilih bersihkan cache atau “clear cache” sesuai pada gambar, kemudian silahkan sobat untuk coba buka kembali aplikasi BBM apakah sudah bisa dibuka atau belum?

Jika untuk permasalahan BBM sering berhenti sendiri silahkan sobat coba beberapa saat dan lihat apakah aplikasi sudah bisa berjalan dengan lancer dan normal atau masalah aplikasi tiba-tiba berhenti masih muncul, jika masih muncuk silahkan sobat lanjutkan ke bagian selanjutnya.

aplikasi bbm error tidak bisa dibuka

Sebelum menggunakan cara ini sobat sebaiknya hapal atau sudah mencatat terlebih dahulu user ID dan password yang sobat gunakan untuk membuat akun pada BBM dikarenakan penggunaan langkah ini akan menghapus akun BBM sobat dan menghapus semua data percakapan yang terdapat pada aplikasi BBM.

Pada menu info aplikasi sobat pilih opsi bersihkan data, nah setelah melakukan ini sobat bisa coba buka terlebih dahulu aplikasi BBM dan coba jalankan, jika bbm bisa terbuka atau sudah tidak berhenti sendiri berarti permasalahan terdapat pada sistem folder aplikasi.

bbm error tidak bisa dibuka
clear data >> unsintall

Tetapi jika setelah sobat menggunakan cara tersebut dan ternyata aplikasi masih belum bisa dibuka atau masih berhenti sendiri terpaksanya sobat pilih opsi copot pemasangan atau Uninstall aplikasi BBM tersebut kemudian sobat coba install kembali.

Dan jika setelah menggunakan langkah tersebut aplikasi BBM tidak bisa dibuka juga kemungkinan besar terdapat masalah pada sistem android yang sobat gunakan, bisa juga karena RAM yang sobat miliki tidak mencukupi untuk menjalankan aplikasi tersebut.

Solusi untuk hal tersebut silahkan sobat coba Download dan gunakan versi BBM sebelumnya atau versi yang sesuai dengan versi android yang sobat gunakan.

Dan jika setelah menggunakan versi sebelumnya tapi aplikasi BBM masih juga error kemungkinan besar permasalahan terjadi akibat sistem android sobat yang bermasalah, solusi yang bisa sobat sobat lakukan adalah reset android sobat kembali ke pengaturan pabrik, yang perlu diingat jika menggunakan langkah ini semua data yang tersimpan pada memori internal Hp akan hilang!

Semoga beberapa langkah untuk cara mengatasi aplikasi BBM tidak bisa dibuka dan BBM sering berhenti sendiri diatas dapat membantu mengatasi masalah yang sedang sobat alami.

3 Responses to "Cara mengatasi BBM tidak bisa dibuka di Android"

  1. Langkah diatas sudah dilakukan semua tapi bbm masih tetap terhenti itu gimana ya dari awal instal memang sudah ada peringatan bbm terhenti

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf kalau boleh tau Android yang digunakan di HP Mba Wahyu versi berapa ya? takutnya versi Androidnya + RAM di HP mbak Wahyu tidak memenuhi syarat atau kurang sesuai untuk menjalankan versi aplikasi BBM yang diinstal

      Delete