Berbagai Macam Manfaat Daun Kenikir untuk Kesehatan

Daun kenikir yang sering kita jumpai banyak dijual di pasar-pasar tradisional ditempat tinggal kita yang memiliki rasa sedikit manis dan cukup enak untuk di makan baik secara mentah atau direbus terlebih dahulu, biasanya digunakan sebagai lalapan disantap dengan sambel terasi dan juga sebagai sayur urap-urapan ini mungkin belum terlalu banyak orang yang suka mengkonsumsi daun tersebut.

Daun kenikir atau "ulam raja" untuk sebutan daun tersebut di Negara Malaysia, sudah dari dulu digunakan sebagai salah satu bahan dalam masakan Pecel oleh para masyarakat pulau Jawa, harganyapun terbilang cukup murah sekitar Rp.2,000 atau Rp.3,000 per ikat di pasar tradisional, tapi tahukah sobat bahwa dibalik harga yang murah tersebut ternyata daun kenikir memiliki banyak sekali manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita.

Manfaat kenikir untuk kesehatan kita adalah dapat membantu melawan berbagai macam jenis penyakit yang menyerang tubuh kita hal tersebut dikarenakan didalam daun kenikir terkandung banyak zat yang sangat bagus dan dapat berfungsi sebagai zat antioksidan seperti :
  • Flavonoid
  • Saponin
  • Kuersetin glikosida
  • Terpenoid
  • Tokoferol
  • Polifenol
  • hidroksieugenol
  • Minyak atsiri
  • Mineral
  • Kalsium
  • Magnesium, dan masih banyak lagi zat lainnya.
 
Manfaat Daun Kenikir

Manfaat Daun Kenikir untuk kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat kenikir yang dapat digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan atau digunakan sebagai pengobatan berbagai macam gangguan kesehatan.
  • Melawan Kanker
Kandungan berbagai macam zat pada kenikir seperti senyawa Artemisin, terpenoid, flavonoid, saponin dan berbagai macam zat antioksidan lainnya sangat bagus untuk digunakan melawan dan mencegah tubuh terserang berbagai macam jenis kanker, seperti kanker payudara, kanker hati dan kanker lambung.
  • Mengobati Malaria
Seperti yang dilansir situs Drugs.com daun kenikir digunakan dibeberapa Negara endemik Malaria sebagai salah satu bahan utama untuk pembuatan obat malaria, kandungan artemisin pada daun kenikir dapat membunuh parasit yang menyebabkan penyakit malaria pada saat muncul pada saluran darah kita.
  • Mengatasi gangguan Asam Lambung
Kandungan berbagai macam zat yang terdapat didalam daun kenikir seperti zat polifenol, hidroksieugenol dan tokoferol sangat bagus untuk digunakan mengontrol dan mentralkan asam lambung, dengan mengkonsumsi daun kenikir secara rutin dapat membantu menguatkan lambung sangat bagus untuk dikonsumsi bagi sobat yang memiliki permasalahan dengan lambuh yang lemah.
  • Menjaga sistem Kekebalan Tubuh
Kenikir kaya akan kandungan Vitamin A, Vitamin C dan E sangat bagus digunakan untuk menjaga, memperbaiki dan meningkatkan daya kekebalan tubuh kita, dan juga dapat membantu meningkatkan metabolisme pada tubuh kita secara maksimal.
  • Obat Cuci Darah
Kandungan Vitamin E, Flavonoid dan zat-zat antioksidan dalam daun kenikir sangat bagus digunakan untuk menetralkan dan membersihkan racun yang terdapat dalam darah, dengan mengkonsumsi daun kenikir secara rutin secara tidak langsung sobat juga sudah membantu proses detoksifikasi pada tubuh sobat.
  • Mengobati Jantung Lemah
Kandungan zat antioksidan yang cukup tinggi dan flavonoid pada daun kenikir dapat membantu memperlancar aliran pada saluran darah, daun kenikir sangat bagus untuk memperkuat otot pada jantung dan pembuluh darah dalam tubuh kita, dengan mengkonsumsi daun kenikir secara rutin dapat membantu menormalkan atau menguatkan kembali jantung lemah yang sedang sobat derita.
  • Menguatkan Tulang
Kandungan kalsium, mineral dan magnesium yang terdapat di dalam daun kenikir sangat bagus untuk membantu pertumbuhan tulang pada tubuh kita, dengan mengkonsumsi secara rutin daun kenikir kita juga telah membantu menjaga pertumbuhan tulang pada tubuh kita dengan baik.
  • Merawat Kulit
Dengan mengkonsumsi daun kenikir secara rutin juga dapat membantu kita menjaga dan merawat kesehatan kulit supaya tetap kencang dan tidak mudah keriput yang artinya mencegah penuaan dini terjadi pada kita.
  • Mengobati Gondongan
Daun kenikir juga dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi gondongan, kandungan senyawa tokoferol dan poliferol dalam daun kenikir dapat digunakan untuk mengatasi peradangan yang terjadi akibat gondongan, caranya tumbuk daun kenikir hingga halus dan ditambahkan sedikit cuka, balurkan pada bagian yang sakit sebanyak 3 kali sehari.
  • Mengatasi Bau Mulut yang tidak sedap
Kandungan yang terdapat dalam daun kenikir dapat digunakan untuk membersihkan area lidah dan air liur kita dari bakteri yang menjadi penyebab bau mulut, dengan mengkonsumsi daun kenikir secara rutin dapat membantu sobat yang memiliki masalah dengan bau mulut yang mengganggu, dengan mengunyah daun kenikir kurang lebih 1 menit kemudian kumur hingga bersih juga dapat membantu sobat menyingkirkan bau mulut yang tidak sedap.

Beberapa hal diatas adalah hanya sebagian kecil dari manfaat daun kenikir untuk kesehatan yang perlu sobat ketahui, dan yang perlu diingat juga mengacu dari informasi situs Drugs.com tidak disarankan untuk ibu hamil muda mengkonsumsi daun kenikir, karena kandungan pada daun kenikir dapat mengganggu kesehatan janin pada usia kehamilan masih muda. Semoga bermanfaat. ( Hal-5 )

1 Response to "Berbagai Macam Manfaat Daun Kenikir untuk Kesehatan"