Cara menghilangkan ngantuk di tempat kerja

Pernahkah sobat tiba-tiba merasa sangat ngantuk di tempat kerja sementara hari juga masih pagi, rasa ngantuk yang tiba-tiba menyerang di pagi hari tersebut tentunya sangat mengganggu aktifitas kita saat sedang ditempat kerja atau di kantor yang tentunya akan mengakibatkan kinerja kita menjadi kurang optimal dan tidak bisa fokus untuk menyelesaikan pekerjaan kita.
Cara menghilangkan ngantuk di tempat kerja
ilustrasi tidur di tempat kerja

Beberapa hal yang biasanya menjadi penyebab ngantuk di pagi hari biasanya dikarenakan kurangnya jam tidur di waktu malam sebelumnya, hal tersebut mungkin bisa terjadi akibat dari susah tidur di waktu malam karena memiliki penyakit Insomnia, atau juga karena sebab lain seperti lembur dan ada suatu hal lain yang menyebabkan sobat menjadi kurang tidur.

Penyebab ngantuk di pagi hari lainnya adalah karena kurangnya sel darah merah pada tubuh kita, kekurangan sel darah merah sering disebut juga dengan gejala Anemia, jika kita mengalami gejala Anemia akan mengakibatkan suplai oksigen ke seluruh organ tubuh akan menjadi terganggu dan akan menyebabkan kita akan menjadi gampang mengantuk.

Beberapa hal lain yang menjadi penyebab kita menjadi mudah mengantuk meski diwaktu pagi hari adalah karena kurang olah raga yang menyebabkan tubuh kita menjadi kurang segar dan kurang fit, selain itu kurangnya asupan makanan yang cukup juga dapat menyebabkan kita menjadi gampang mengantuk.

Cara menghilangkan ngantuk saat di tempat Kerja

Jika sobat sering mengantuk saat di kantor atau ditempat kerja mungkin beberapa langkah berikut ini bisa sobat coba lakukan untuk menghilangkan rasa kantuk yang menyerang sobat tersebut.
  • Minum Kopi
Tentunya bukan sebuah rahasia lagi bagi kita dengan meminum segelas kopi panas dapat membantu menghilangkan rasa kantuk yang sedang kita derita.
  • Mengistirahatkan mata
Mata lelah juga dapat menyebabkan rasa kantuk muncul, hal tersebut biasanya terjadi pada anda yang memiliki pekerjaan yang mengharuskan berlama-lama menatap layar monitor pada komputer, dengan mengatasi mata lelah tersebut dapat menghilangkan ngantuk disaat sedang bekerja.
  • Minum Teh Panas
Minum teh panas juga dapat membantu mengusir rasa kantuk saat ditempat kerja.
  • Olahraga ringan
Bagi sobat pekerja kantoran tentunya menghabiskan waktu dalam bekerja lebih sering dalam kondisi duduk dan menatap layar monitor, hal tersebut dapat memicu rasa lelah yang akhirnya menyebabkan rasa kantuk menyerang, jika rasa kantuk muncul cobalah lakukan garakan olahraga ringan seperti lari-lari kecil, stretching otot, berjalan keluar ruangan sembari menghirup udara segar, hal tersebut dapat membantu mengusir kantuk yang menyerang sobat saat di tempat kerja. 
  • Cuci muka
Membasahi muka dan rambut serta pada bagian tengkuk juga dapat membantu mengurangi dan menghilangkan ngantuk saat di tempat kerja.
  • Ngemil
Makan cemilan atau makanan ringan dengan rasa pedas atau sedikit asam dapat membantu menghilangkan rasa kantuk saat di tempat kerja, mengunyah permen dengan rasa pedas atau beraroma mint juga dapat sobat lakukan saat ngantuk di tempat kerja.
  • Mendengarkan musik
Mendengarkan musik sambil sesekali ikut bernyanyi dapat menghilangkan ngantuk yang sedang sobat rasakan saat ini, coba dengarkan jenis musik dengan tempo serta beat-beat yang menghentak dan bersemangat supaya rasa kantuk hilang, hindari lagu atau musik yang berirama pelan seperti jazz dan pop atau lagu-lagu galau yang justru dapat membuat sobat menjadi lebih ngantuk saat mendengarkannya.
  • Mengobrol atau bercanda
Cobalah untuk mengobrol atau bercanda dengan rekan kerja anda untuk menghilangkan rasa ngantuk saat di tempat kerja, tertawa dapat membuat rasa kantuk berkurang dan yang perlu sobat ingat jangan bercanda sampai lupa waktu nanti malah kena teguran jika bercadanya kebablasan.
  • Tidur sesaat
Cara terbaik dan terampuh untuk mengatasi rasa ngantuk di tempat kerja cobalah untuk tidur sesaat pada saat beristirahat atau minta ijin untuk memejamkan mata sesaat cukup dengan 15 menit hingga 30 menit dan minta supaya dibangunkan oleh rekan kerja sobat setelah waktu tersebut pasti sobat akan merasa segar kembali setelah melakukan hal tersebut.

Tentunya sobat merasa sangat terganggu dengan kondisi sering mengantuk apalagi jika rasa kantuk tersebut menyerang sobat saat sedang di tempat kerja, beberapa langkah dibawah ini bisa coba sobat lakukan untuk mencegah supaya tidak mengantuk lagi di pagi hari dan terutama di tempat kerja.
  • Usahakan tidur dengan waktu yang cukup, biasanya orang dewasa akan membutuhkan waktu tidur selama 7 hingga 8 jam supaya tubuh akan segar kembali di pagi harinya.
  • Olahraga teratur minimal selama 30 menit setiap hari dapat membantu menjadi lebih mudah tertidur dan tidur lebih nyenyak dimalam hari serta membuat merasa lebih segar di pagi harinya.
  • Mengatur konsistensi jam tidur dan jam bangun dapat membantu membuat jadwal tidur dan bangun tidur anda terjaga sehingga terhindar dari rasa kantuk di pagi hari terutama ditempat kerja.
  • Hindari untuk tidur di siang atau di sore hari karena hal tersebut dapat mengganggu jam tidur diwaktu malam dan dapat menyebabkan kurangnya waktu tidur kita yang merupakan salah satu penyebab mengantuk di pagi hari.
Dengan menjaga waktu tidur yang cukup dimalam hari dan kualitas tidur yang baik dapat mencegah kita mengalami rasa ngantuk di pagi hari, dan jika sobat mengalami ngantuk saat di tempat kerja atau dikantor cobalah gunakan langkah-langkah yang sudah disebutkan diatas untuk menghilangkan rasa ngantuk di tempat kerja yang sedang sobat alami saat ini, semoga bermanfaat. ( Hal-5 )

0 Response to "Cara menghilangkan ngantuk di tempat kerja"

Post a Comment