Beda Tepung Terigu dengan Tepung Gandum

Apa sih beda tepung terigu dengan tepung gandum, nah bagi sobat yang suka bikin olahan aneka macam kue dan aneka jajanan serta gorengan pastinya sudah sangat familiar dengan tepung terigu yang merupakan bahan baku utama untuk pembuatan aneka jajanan dan aneka macam kue tersebut, seperti contohnya tepung terigu yang digunakan dalam pembuatan aneka macam resep kue dan roti seperti untuk membuat kue Donat kentang serta membuat pancake, tapi bagi sobat yang suka memasak tersebut apakah juga cukup familiar dengan tepung gandum, karena tidak terlalu banyak resep-resep kue atau olahan yang menggunakan tepung gandum.

Meski tepung terigu dan tepung gandum tersebut terbuat dari bahan yang sama yaitu terbuat dari biji gandum tapi kedua jenis tepung ini berbeda, selain berbeda kegunaan dari kedua jenis tepung tersebut juga berbeda fungsi.
Tepung terigu dan tepung gandum
tepung terigu dan tepung gandum

Perbedaan tepung terigu dengan tepung gandum

  • Tepung terigu
Tepung yang terbuat dari hasil pengolahan biji gandum dan yang digunakan hanya daging dari biji tersebut dan tidak termasuk dengan kulit dari biji gandum tersebut, nah oleh sebab itu warna dari tepung terigu terlihat berwarna putih bersih.

Nama tepung terigu sendiri berasal dari bahasa portugis trigo yang berarti gandum, tepung terigu memiliki tekstur yang sangat halus dan elastisitas yang cukup tinggi jika dicampur air maka dari itu tepung terigu digunakan sebagai bahan baku pembuatan aneka macam kue, roti dan sebagai bahan baku membuat mie.
  • Tepung gandum
Tepung yang terbuat dari hasil pengolahan biji gandum namun yang diolah untuk dibuat tepung tidak hanya bagian daging dari biji tapi melainkan keseluruhan dari biji gandum tersebut termasuk kulit dan inti gandum.
Hal tersebut menyebabkan warna dari tepung gandum berwarna putih kecoklatan dan memiliki tekstur yang lebih kasar dibandingkan dengan tepung terigu yang memiliki tekstur sangat halus, tepung gandum memiliki kandungan serat yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan tepung terigu.

Dikarenakan memiliki kandungan serat yang cukup tinggi biasanya tepung gandum digunakan atau dimasukkan kedalam daftar menu diet sehat untuk pengganti nasi, dengan mengkonsumsi tepung gandum akan dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama.

Nah perbedaan dari tepung terigu dan tepung gandum hanyalah dari pengolahan yang dilakukan untuk menghasilkan tepung tersebut, jika tepung terigu hanya menggunakan bagian dari daging dalam biji gandum sedangkan tepung gandum dengan menggunakan keseluruhan dari biji gandum tersebut serta tekstur dari tepung terigu yang halus serta berwarna putih bersih sedangkan tepung gandum berwarna kecoklatan serta dengan tekstur yang lebih kasar, semoga bermanfaat. ( Hal-5 )

0 Response to "Beda Tepung Terigu dengan Tepung Gandum"

Post a Comment