Kerupuk karak, kerupuk nasi oleh-oleh khas solo

Kerupuk nasi atau yang lebih di kenal dengan sebutan kerupuk “karak” merupakan salah satu makanan khas kota Solo-Jawa Tengah yang terbuat dari nasi sering juga disebut dengan istilah kerupuk gendar, bagi sobat yang sudah pernah tinggal, pernah menetap atau sekedar singgah dan makan di rumah makan yang ada di kota Solo pasti sudah tidak asing dengan salah satu makanan khas Solo tersebut karena hampir setiap rumah makan yang terdapat di kota Solo selalu menyediakan kerupuk karak tersebut.

Kerupuk nasi atau karak salah satu makanan khas kota Solo


Karak biasanya dimakan sebagai lauk saat makan atau bisa juga dimakan buat cemilan dan biasanya kalau di Solo karak biasanya dimakan hanya dengan diberi tambahan sambel terasi pedas diatasnya, selain buat cemilan, kerupuk karak atau kerupuk nasi bisa ditemui saat sobat jajan cemilan khas solo seperti cabuk rambak.

Jika sobat termasuk salah satu pecinta kerupuk ini dan mungkin kebetulan saat ini sedang merantau jauh dari kota Solo pastinya atau tentunya kangen untuk bisa menikmati rasa gurih dari kerupuk karak ini, dan biasanya jika membeli kerupuk karak ini pasti selalu request atau minta kepada si penjual supaya dipilihkan kerupuk yang gosong-gosong hehehe, pada kerupuk karak yang sedikit gosong tersebut biasanya memang lebih enak dan lebih gurih makanya banyak pembeli yang minta dipilihkan yang gosong.

Jika sobat sedang berkunjung ke Solo dan sedang mencari oleh-oleh khas kota Solo maka kerupuk karak ini bisa menjadi salah satu pilihan yang bisa sobat beli selain oleh-oleh khas Kota Solo lainnya seperti Intip atau kerak nasi yang digoreng dan serabi Notosuman.

Harga kerupuk nasi atau karak ini sangat murah biasanya jika beli di pasar atau di warung Rp.2,000 udah dapat 5 atau hingga 10 tergantung ukuran dari kerupuk karak tersebut, tapi mungkin berbeda jika beli di toko oleh-oleh.

Di kota Solo sendiri banyak terdapat produsen atau sentra pembuatan kerupuk karak ini yang cukup terkenal dan dikenal adalah kerupuk karak Bratan, selain itu ada juga di daerah pinggiran perbatasan kota Solo dengan Sukoharjo tepatnya di desa Mojolaban, selain pembuat karak di desa tersebut juga penghasil kerupuk lainnya seperti kerupuk dari singkong yang biasa disebut Romeo dan kerupuk rambak.

Nah bagi sobat yang saat ini sedang liburan di kota Solo atau mampir di Solo jangan lupa beli salah satu jajanan atau oleh-oleh khas kota Solo yang satu ini ya dijamin pasti suka :). ( Hal-5 )

1 Response to "Kerupuk karak, kerupuk nasi oleh-oleh khas solo"