Pengertian Customer Service dan tugas seorang Customer Service Officer

Mungkin saat ini sobat sedang sibuk mencari-cari informasi lowongan pekerjaan baik melalui media iklan lowongan pekerjaan yang dipasang di surat kabar atau yang terdapat di situs pencari kerja online yang banyak terdapat di internet mungkin saja kebetulan terdapat sebuah pekerjaan yang syarat dan kualifikasi pekerjaan tersebut sesuai dengan yang sobat miliki dan bisa jadi salah satu lowongan pekerjaan tersebut adalah sebagai Costumer Service Officer.

Nah bisa jadi saat ini sobat tertarik untuk melamar posisi Costumer Service tersebut tapi masih tidak yakin dengan kemampuan yang sobat miliki karena belum mengetahui apa sih Customer Service itu dan apa tugas dari seorang Customer Service tersebut, silahkan sobat simak ulasan berikut ini untuk mengetahui apa itu posisi Customer Service dan apa tugasnya.
Pengertian Customer Service
Customer Service NCC

Pengertian Customer Service

Customer Service atau yang biasa disingkat menjadi "CS" adalah seseorang yang berfungsi sebagai garis depan ( Frontliner ), penghubung atau Pembina hubungan antara Perusahaan dengan para pelanggan atau pengguna jasa bisa juga disebut dengan kustomer dari perusahaan tersebut dengan memberikan pelayanan dan pemecahan masalah yang dihadapi oleh para kustomer yang menggunakan produk dari perusahaan tersebut baik berupa barang atau jasa.

Atau bisa juga diartikan sebuah layanan yang diberikan oleh perusahaan sebagai bentuk dukungan atas sebuah produk atau jasa dari perusahaan tersebut kepada para pelanggan atau pengguna jasa dan barang dari perusahaan tersebut.

Pada saat ini dimana alat komunikasi sudah berkembang dengan pesat banyak tugas dan kegiatan seorang Customer Service yang bisa dilakukan melalui media Online dan menggunakan telepon, pada perusahaan tertentu seorang CS bisa disebut juga dengan istilah Call Center.

Tugas Costumer Service

Tugas seorang Customer Service atau CS adalah sebagai perwakilan dari perusahaan dan membina hubungan yang baik dengan para klien atau pelanggan pengguna jasa dan produk dari perusahaan tersebut.

Memberikan dukungan dan pelayanan yang baik kepada para pengguna jasa atau produk dari perusahaan tersebut guna mempertahankan loyalitas dari pengguna tersebut dalam menggunakan produk dan jasa dari perusahaan tersebut.

Peran seorang Customer Service sangat vital pada sebuah perusahaan guna mempertahankan nama baik dan image baik dari perusahaan tersebut, maka dari itulah seorang yang dipilih untuk menjadi seorang Customer Service adalah seseorang yang benar-benar memiliki kepribadian dan etika berkomunikasi yang bagus dan berwawasan luas supaya dapat memberikan solusi dan pelayanan yang baik kepada para pelanggan atau klien dari perusahaan tersebut.

Tidak hanya kepribadian dan etika yang baik, seorang Customer Service adalah seseorang yang harus bisa menahan emosi dan ego yang dimilikinya karena tidak menutup kemungkinan pada saat menjalankan tugasnya sebagai CS akan berhadapan dengan para kustomer yang marah dan kecewa akan produk atau jasa yang digunakan oleh para pelanggan tersebut.

Disitulah peran para Customer Service sesungguhnya, para CS diharuskan bisa memberikan solusi dan pemecahan masalah yang dihadapi oleh para pelanggan tersebut, jika pelayanan dan solusi yang diberikan oleh Customer Service sebagai perwakilan dari perusahaan tersebut memuaskan atau memberikan solusi yang dihadapi para kustomer maka hal tersebut dapat memberikan sebuah pengalaman kepada kustomer tersebut yang akhirnya akan membentuk sebuah kesetiaan pada diri kostumer tersebut dan juga dapat membentuk image perusahaan menjadi bagus di mata kustomer tersebut.

Berbanding terbalik jika seorang CS memberikan pelayanan yang buruk kepada kustomer dan klien dari perusaahaan tersebut maka image dari perusahaan akan sangat buruk dimata para klien pengguna jasa serta produk dari perusahaan tersebut dan bisa juga buruk di mata masyarakat umum.

Sobat tidak perlu takut dan khawatir jika hendak melamar pekerjaan sebagai seorang Costumer Service, karena menjadi seorang Customer Service sangatlah menyenangkan disitu sobat bisa bertemu dan berhadapan dengan berbagai macam karakter kostumer yang tentunya sangat berbeda-beda dan sobat juga bisa membina hubungan yang baik dengan para kustomer tersebut yang pastinya dapat menambah luas relasi pertemanan sobat nantinya, semoga bermanfaat. ( Hal-5 )

0 Response to "Pengertian Customer Service dan tugas seorang Customer Service Officer"

Post a Comment