Manfaat keju yang bagus untuk anak serta Ibu hamil

Keju adalah sebuah jenis makanan dari susu binatang yang diolah dan memiliki berbagai macam jenis dan rasa yang berbeda, jenis keju pada umumnya dibuat dari susu sapi dan beberapa jenis keju lokal bisa dibuat dengan menggunakan susu unta, kambing, domba, kuda dan kerbau.

Kandungan nutrisi yang terdapat didalam keju hampir sama halnya seperti kandungan yang terdapat di dalam susu, seperti Vitamin A, B12 dan K12, zat besi, mineral, kalsium, protein, fosfor, natrium, riboflavin dan tentunya juga mengandung lemak dan kolesterol dimana jika kita mengkonsumsi makanan tersebut secara berlebihan dapat mengakibatkan masalah gangguan pada kesehatan tubuh kita.

Manfaat Keju untuk kesehatan Ibu Hamil dan anak-anak

Manfaat Keju untuk kesehatan

Jika kita mengkonsumsi keju dengan tepat dan cukup atau tidak berlebihan maka kandungan yang terdapat dalam keju dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita setiap harinya, berikut ini adalah beberapa manfaat keju bagi kesehatan tubuh kita.
  • Melindungi dan merawat kesehatan gigi
Keju memiliki kandungan zat yang dapat melindungi gigi dari kerusakan atau karies, yang lebih dikenal dengan istilah antikariogenik, dapat membantu mengurangi tingkat keasaman plak pada gigi, membantu mengembalikan mineral yang hilang pada rongga mulut dan gigi akibat naiknya tingkat keasaman pada mulut yang dapat merusakkan gigi.
  • Mencegah Osteoporosis
Keju kaya akan kandungan kalsium yang sangat bagus untuk pertumbuhan tulang dan gigi pada tubuh kita, mencegah kita terserang osteoporosis serta membantu memperkuat kondisi tulang kita supaya tidak mudah rapuh dan tidak mudah patah.
  • Merawat saluran pencernaan
Keju mengandung probiotik yang merupakan bakteri baik yang dapat membantu merawat kesehatan saluran usus dalam perut kita yang dapat membantu mencegah sembelit.
  • Menyehatkan jantung
Terdapat sebuah penelitian yang dilakukan di Harvard School of Public Health menyebutkan bahwa mengkonsumsi keju secara rutin dan dengan cukup atau tidak berlebihan dapat membantu menyehatkan jantung.
  • Mencegah kanker
Kandungan asam Sphingoleids dan linoleic pada keju dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker yang menyerang tubuh kita.
  • Mencegah Beri-beri
Beri-beri adalah sebuah penyakit yang diakibatkan oleh kekurangan vitamin B, keju kaya akan kandungan vitamin B komplek yang terdapat dalam keju sangat bagus untuk mencegah terserang penyakit beri-beri.
  • Manfaat keju untuk Ibu hamil dan menyusui
Kandungan yang terdapat dalam keju sangat bagus untuk dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil atau yang sedang menyusui anak, pada saat tersebut ibu adalah merupakan sumber nutris bagi sang bayi, sangat disarankan pada Ibu hamil untuk mengkonsumsi keju supaya terpenuhi kebutuhan kalori untuk kesehatan calon bayi pada trisemester kedua masa kehamilan, untuk mengkonsumsi keju tersebut diseimbangkan dengan makanan sehat seperti sayuran, buah dan makanan sehat lainnya serta hindari untuk mengkonsumsi keju yang terbuat dari susu mentah.

Keju sangat bagus untuk dikonsumsi anak kecil yang sedang dalam masa perkembangan, kandungan kalsium yang terdapat pada keju membantu pertumbuhan tulang dan gigi pada anak.

Meski banyak dari manfaat keju yang bagus untuk kesehatan tubuh kita didalam keju juga terdapat kandungan kalori dan lemak yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan, seimbangkan dengan selalu mengkonsumsi makanan sehat lainnya, semoga bermanfaat.( Hal-5 )

sumber : 

0 Response to "Manfaat keju yang bagus untuk anak serta Ibu hamil"

Post a Comment