Cara membuat lem kertas dari tepung kanji

Bagi sobat yang saat ini sedang belajar membuat berbagai macam kerajinan tangan atau prakarya dari kertas seperti kerajinan dari kertas koran bekas atau kardus bekas tentunya membutuhkan lem sebagai salah satu bahan utama dalam membuat kerajinan tangan tersebut, dan tentunya sobat akan membutuhkan lem yang cukup banyak dalam proses pembuatan bermacam-macam kreasi kerajinan dari kertas tersebut.

Nah selain menggunakan lem kertas atau lem kayu untuk membuat kerajinan tangan yang berbahan kertas sobat juga bisa menggunakan bahan lem alternatif yang terhitung cukup murah dan bisa sobat buat sendiri dirumah, lem alternatif tersebut adalah lem yang terbuat dari tepung kanji atau biasa disebut lem kanji.

cara membuat lem kertas dari tepung kanji
lem kanji
Tepung kanji atau tepung tapioka selain dibuat berbagai macam olahan makanan dan jajanan yang lezat ternyata bisa kita gunakan untuk membuat lem yang cukup kuat untuk menempelkan kertas, biasanya lem tersebut selain digunakan untuk menempel kertas dalam pembuatan kerajinan tangan yang berbahan kertas juga digunakan untuk menempelkan poster-poster yang biasanya banyak kita temukan di pinggir jalan, selain dikarenakan cukup kuat lem kanji tersebut juga cukup murah dibandingkan jika menggunakan lem kertas yang kita beli di toko.

Cara membuat lem kanji

Berikut ini adalah cara membuat lem kertas yang terbuat dari tepung kanji.

Bahan-bahan yang kita perlukan :
  • Tepung kanji/Tapioka sesuai kebutuhan
  • Air
Cara membuatnya juga cukup mudah, sobat hanya perlu memanaskan air pada panci yang sudah dipanaskan diatas api sedang, kemudian masukkan tepung kanji atau tapioka sesuai kebutuhan sobat, aduk-aduk perlahan hingga adonan menjadi sedikit kental, jika telalu cair bisa sobat tambahkan tepung kanji lagi atau bisa juga menunggu adonan menjadi kental, jika sudah mengental silahkan angkat, lem sudah siap digunakan.

Tempatkan lem kanji pada wadah yang bisa ditutup rapat seperti kaleng roti supaya lem kanji lebih tahan lama dan tidak cepat kering, dan jika nanti lem kanji mengering sobat bisa coba panaskan kembali lem kanji yang telah mengering tersebut diatas api dengan ditambahkan sedikit air. Nah mudah bukan cara membuat lem kertas dari tepung kanji, selamat mencoba. ( Hal-5 )

0 Response to "Cara membuat lem kertas dari tepung kanji"

Post a Comment