Cara menghilangkan mual yang membuat kita ingin muntah

Sobat pasti sudah pernah mengalami yang namanya mual, yaitu sebuah kondisi dimana perut kita serasa tidak enak dan tidak nyaman serta serasa ingin muntah, kepala terasa pusing, berkeringat dan mulut mengeluarkan banyak ludah.

Mual bukanlah sebuah penyakit melainkan sebuah kondisi gangguan pada saluran pencernaan perut atas yang dapat menyebabkan si penderita mual menjadi muntah-muntah, meski bukan kondisi yang berbahaya tapi tentunya hal tersebut cukup mengganggu dan membuat kita merasa sangat tidak nyaman, tentunya kita pasti ingin menghilangkan mual yang cukup mengganggu tersebut.
Cara menghilangkan mual
source pic : healthline.com

Penyebab mual bisa dikarenakan berbagai macam hal seperti contohnya dikarenakan mabuk saat melakukan perjalanan baik menggunakan alat transportasi darat, laut dan udara atau juga bisa dikarenakan memiliki gangguan kesehatan pada bagian lambung seperti sakit asam lambung atau mengalami sakit maag.

Mengkonsumsi zat yang berbahaya bagi tubuh kita dan keracunan makanan atau minuman juga bisa menyebabkan kita mengalami rasa mual sebagai bentuk perlindungan hingga kita memuntahkan makanan atau minuman yang kita konsumsi tersebut.

Berikut ini adalah penyebab umum yang biasanya menyebabkan kita mengalami mual-mual :

Jika saat ini sobat mengalami mual dan berusaha menghilangkan rasa mual tersebut maka sobat bisa mencoba beberapa cara menghilangkan mual berikut ini.

Cara menghilangkan rasa mual

  • Menghirup aroma minyak kayu putih
  • Mengoleskan minyak kayu putih pada bagian kening dan bagian hidung
  • Makan buah jeruk segar yang asam, rasa asam pada jeruk dapat membantu mengurangi rasa mual pada mulut kita
  • Mengunyah permen dengan rasa asam seperti permen gulas
  • Minum air jahe hangat, air jahe dapat membantu menghilangkan rasa mual dan juga dapat membuat lambung menjadi lebih nyaman
  • Minum segelas air jeruk panas juga dapat membantu menghilangkan rasa mual
  • Mengkonsumsi buah apel, buah apel juga dapat digunakan untuk mengatasi rasa mual
  • Minum air kelapa muda segar, jika rasa mual yang ditimbulkan akibat keracunan makanan atau minuman, maka minum air kelapa muda bisa coba sobat lakukan sebagai langkah pertolongan pertama untuk keracunan yang sobat alami
Beberapa cara menghilangkan mual diatas bisa sobat gunakan pada saat sobat mengalami rasa mual yang sangat tidak menyenangkan, dan jika setelah menggunakan beberapa cara diatas mual tetap tidak hilang atau berkurang serta terlebih lagi jika mual yang sobat alami disertai dengan muntah-muntah dan frekuensi muntah cukup sering, sebaiknya segera sobat bawa ke instansi medis atau klinik terdekat supaya segera mendapatkan penanganan yang tepat. ( Hal-5 )

0 Response to "Cara menghilangkan mual yang membuat kita ingin muntah"

Post a Comment