Mengobati radang tenggorokan dengan obat alami yang aman untuk anak-anak

Jika sobat saat ini sedang mengalami rasa gatal pada bagian tenggorokan dan tenggorokan terasa susah untuk menelah padahal cuma menelan ludah saja tapi terasa sakit? Bisa jadi saat ini sobat sedang mengalami serangan awal atau gejala awal radang tenggorokan.

Meski radang tenggorokan sebenarnya bukan merupakan penyakit yang berbahaya dan bisa sembuh dengan sendirinya tapi kondisi gatal serta susah menelan pada tenggorokan tersebut cukup mengganggu dan cukup menyebalkan jika tidak segera ditangani.

Tapi meskipun tidak berbahaya dan jika radang tengorokan tidak segera di obati dan cuma di diamkan saja maka kondisi tersebut dapat menyebabkan radang tenggorokan menjadi semakin parah, tentunya kondisi tersebut dapat sangat mengganggu karena selain tenggorokan akan merasa sangat sakit dan susah untuk menelan radang tersebut juga akan menyebabkan bengkaknya pita suara kita sehingga mengakibatkan susah untuk berbicara karena suara kita tidak akan keluar dengan sempurna dan terasa sangat sakit jika dipaksa untuk berbicara.

Apalagi jika kita juga mengalami flu dan batuk, karena biasanya flu, pilek dan batuk adalah penyakit yang biasanya menyertai radang, dan bisa jadi pada saat nanti batuk-batuk karena tenggorokannya luka dapat menyebabkan keluar darah pada saat batuk.

Obat apotik untuk radang tenggorokan yang bisa sobat gunakan untuk mengobati radang tenggorokan yang menyerang seperti contohnya SP troches, FG troches, Degirol dan beberapa macam tablet hisap lainnya.

Untuk mengobati radang tenggorokan selain dengan menggunakan obat radang yang ada di apotik sobat juga bisa menggunakan obat alami untuk mengobati radang tenggorokan yang tentunya lebih aman untuk dikonsumsi bahkan oleh anak sekalipun, karena dengan menggunakan obat-obatan alami si penderita terhindar dari kemungkinan efek samping mengkonsumsi obat radang tenggorokan yang menggunakan bahan kimia.
Mengobati radang tenggorokan dengan obat alami yang aman untuk anak

Obat alami untuk radang tenggorokan

Bagi sobat yang ingin mencoba mengobati radang tenggorokan dengan menggunakan obat yang alami silahkan simak ulasan mengenai pengobatan radang tenggorokan dengan menggunakan obat alami yang Hal-5 bagikan berikut ini.
  • Jeruk nipis / jeruk lemon
Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada jeruk lemon atau jeruk nipis sangat bagus untuk mengobati radang tenggorokan, selain itu kandungan antioksidan yang cukup tinggi pada buah jeruk lemon dan jeruk nipis selain ampuh untuk mengobati radang tenggorokan juga dapat membantu mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan lainnya seperti contohnya dapat membantu meredakan gangguan asam lambung, bisa digunakan sebagai obat batuk alami, sebagai salah satu media detoksifikasi atau proses mengeluarkan racun dari dalam tubuh secara alami, mengurangi atau meredakan rasa mual.

Gunakan perasan sari jeruk nipis atau jeruk lemon dan campur dengan segelas air hangat, minum larutan ramuan tersebut saat masih hangat sebanyak tiga kali dalam sehari, tambahkan madu sebanyak satu sendok makan jika terlalu asam, lakukan rutin hingga radang tenggorokan membaik.
  • Jahe
Kandungan rimpang jahe kaya akan berbagai macam zat yang sangat bagus untuk mengobati serta mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan pada tubuh kita seperti contohnya flu, pilek, masuk angin, kembung, perut sebah atau begah, gangguan asam lambung, sesak napas dan tentunya juga sangat bagus untuk mengobati radang tenggorokan.

Gunakan 2 rimpang jahe yang sudah dibersihkan terlebih dahulu, panaskan atau bakar sebentar di atas bara api supaya sari jahe keluar, geprak dan rendam dalam segelas air panas, tambahkan satu sendok makan madu supaya larutan jahe terasa lebih manis, bisa juga dengan menambahkan perasan air jeruk nipis atau jeruk lemon dengan tambahan sedikit gula supaya tidak terlalu asam, minum rutin minimal dua kali sehari hingga radang tenggorokan mereda.
  • Madu
Ekstrak dari sari bunga ini sudah bukan rahasia lagi memiliki segudang manfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit yang menyerang tubuh kita dan digunakan sebagai bahan obat-obatan alami untuk mengobati berbagai macam penyakit yang salah satunya adalah radang tenggorokan, hal tersebut dikarenakan madu mengandung zat yang dapat bersifat antivirus, antibakteri dan dapat membinasakan serta membersihkan jamur yang merupakan penyebab radang tenggorokan.

Minum secara rutin satu sendok makan sebanyak dua kali sehari secara rutin dapat membantu mencegah kita terserang radang tenggorokan dan juga dapat membantu menjaga serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta stamina tubuh kita.
  • Cengkeh
Kandungan zat dalam cengkeh yang bersifat antibakteri dan antiinflamasi dapat digunakan sebagai obat alami radang tenggorokan yang menyerang kita, gunakan bubuk cengkeh sebanyak 2 hingga 3 sendok teh, seduh dengan air hangat secukupnya dan gunakan larutan tersebut untuk berkumur, lakukan rutin 2 kali sehari hingga radang tenggorokan membaik, selain itu dengan kita berkumur menggunakan larutan cengkeh dapat membantu menjaga kebersihan serta menjaga kesegaran mulut dan gigi dari kuman serta bakteri yang menyebabkan bau mulut.
  • Teh hangat
Segelas teh hangat yang di minum saat sedang mengalami radang tenggorokan dapat membantu mengurangi rasa sakit serta meredakan rasa nyeri yang dirasakan si penderita radang tenggorokan, kandugan pada teh kaya zat yang dapat berfungsi sebagai antioksidan, selain dengan teh hangat bisa juga dengan menggunakan teh panas yang di tambahkan satu sendok makan madu dan perasan air jeruk nipis atau jeruk lemon, minum secara rutin sebanyak 2 kali sehari hingga radang sembuh.
  • Sup ayam
Pada kaldu sup ayam terdapat banyak kandungan zat natrium yang berfungsi sebagai zat antiinflamasi atau antiradang, sehingga sangat bagus untuk digunakan sebagai salah satu obat alami radang tenggorokan yang aman dikonsumsi oleh anak-anak, selain itu dengan kita mengkonsumsi sup ayam juga dapat menjaga asupan gizi serta asupan nutrisi tubuh kita.
  • Air putih
Manfaat air putih cukup banyak untuk kesehatan tubuh kita, dengan mengkonsumsi banyak air putih dapat membantu menjaga kelembapan selaput muktosa pada tenggorokan hingga membantu mencegah tenggorokan dari serangan bakteri dan virus yang merupakan penyebab terjadinya radang pada tenggorokan kita.

Selain itu dengan banyak mengkonsumsi air putih dapat menjaga tubuh dari dehidrasi atau kekurangan cairan, serta juga membantu proses detoksifikasi atau proses pengeluaran zat-zat beracun dari dalam tubuh.

Jika sobat sudah mencoba mengobati radang tenggorokan dengan obat alami diatas dan radang tenggorokan masih saja belum sembuh dan berlangsung lebih dari 3 hari, sebaiknya segera sobat bawa ke instansi kesehatan terdekat atau dokter umum terdekat supaya mendapatkan penangan medis serta mendapatkan pengobatan yang tepat pula.

Jika sobat menggunakan obat radang tenggorokan yang ada di apotik sebaiknya pastikan untuk mengikuti aturan pemakaian yang ada di kemasan obat tersebut, dan lihat secara seksama efek samping yang akan di timbulkan supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, semoga radang tenggorokan yang sedang sobat derita lekas sembuh dan sobat dapat beraktifitas dengan normal kembali.

0 Response to "Mengobati radang tenggorokan dengan obat alami yang aman untuk anak-anak"

Post a Comment