resep pancake sederhana dan mudah cara membuatnya

Pancake termasuk salah satu kue yang lumayan cukup mudah dalam pembuatannya, tidak terlalu repot dan tidak membutuhkan waktu yang lama pula dalam pengolahannya. Kue yang menggunakan tepung terigu, telur dan susu sebagai bahan utama ini selain cukup enak juga mudah dalam membuatnya, sangat cocok untuk dihidangkan untuk keluarga ataupun disajikan jika ada tamu yang berkunjung.

Pancake sangat mudah untuk dikreasi dan dikembangkan dengan berbagai macam ide dan rasa dalam penyajiannya, seperti contohnya dengan pemberian aneka macam topping diatasnya. Kalau anda ingin mencoba membuat kue dan tidak ingin ribet dengan proses membuat kue tersebut silahkan anda coba resep membuat pancake sederhana yang mudah untuk anda coba praktikkan sendiri di rumah.

resep-pancake-sederhana-dan-mudah-cara-membuatnya

Resep pancake sederhana


Cara membuat pancake termasuk salah satu resep kue yang cukup praktis dalam proses pembuatannya, selain itu juga tidak membutuhkan banyak waktu dan peralatan sehingga anda tidak perlu lagi merasa ribet dalam membuat pancake tersebut, dan juga kenapa membuat pancake itu termasuk cukup praktis dikarenakan cara membuat pancake bisa dilakukan dan tidak harus menggunakan mixer untuk mengaduk adonannya, apabila anda tidak memiliki mixer anda bisa membuat pancake cukup dengan menggunakan pengaduk telur atau dengan menggunakan whisk.

Sebelum melangkah ke cara membuat pancake sederhana dan enak ini yang perlu kita persiapkan untuk alatnya adalah :

  • Wajan datar ( Teflon )
  • Whisk atau kocokan telur
  • Mangkuk atau wadah untuk mengaduk adonan

Dan untuk bahan-bahan yang perlu dipersiapkan : 

  • Tepung “self raising” 450gr / 32 sendok makan penuh
  • Susu cair / UHT 375 ml.
  • Baking powder
  • 2 butir telur
  • 12 sendok makan Gula untuk anda yang lebih suka dengan hasil pancake yang manis
  • Margarine

Apabila anda susah untuk menemukan tepung self raising di daerah anda silahkan dilihat di sini untuk penggantinya : Membuat tepung self raising sendiri

Cara membuat pancake sederhana

  1. Pecah 2 butir telur ayam kemudian campur dengan susu lalu kocok dengan kocokan telur atau whisk tidak perlu terlalu kencang dan terlalu lama cukup hingga susu dan telur tercampur rata.
  2. masukkan tepung tambah dengan 4,5 sendok teh baking Powder.
  3. Bila anda lebih suka menyajikan atau menyantap pancake dengan tekstur rasa manis anda bisa tambahkan dengan 12 sendok makan gula pasir atau atur tingkat kemanisan pancake sesuai dengan selera anda
  4. Aduk secara perlahan dan teratur hingga seluruh adonan tercampur dengan rata, kemudian diamkan beberapa saat atau hingga dalam adonan tampak muncul gelembung-gelembung udara atau mengembang
  5. Panaskan wajan datar dengan menggunakan api sedang, olesi tipis permukaan wajan datar dengan margarine hingga rata, kemudian kecilkan api supaya pancake tidak cepat matang atau gosong.
  6. Setelah wajan penggorengan sudah panas tuang adonan pancake keatas wajan penggorengan dengan menggunakan sendok sayur atau alat lainnya sesuaikan dengan selera, tunggu beberapa saat hingga pinggir adonan pancake sedikit mengeras matang dan muncul gelembung pori-pori kemudian balik adonan pancake tersebut supaya matang merata.
  7. Diamkan adonan pancake diatas wajan penggorengan selama kurang lebih sekitar 30 detik hingga 1 menit tergantung dari besar api yang digunakan saat memasak atau hingga warna dasar kulit pancake berwarna kuning keemasan lalu angkat, lakukan hingga adonan habis.
Hidangkan pancake saat masih hangat dan kreasikan dengan topping sesuai selera anda. Untuk variasi topping bisa anda kembangkan secara bebas bisa dengan disiram madu diatasnya atau sirup, coklat, keju, whipping cream dan ditambah dengan es krim untuk menambah lezat dan nikmat rasa pancake yang akan anda sajikan untuk orang tercinta anda.

Nah sangat praktis dan cukup mudah kan cara membuat pancake dengan menggunakan resep pancake sederhana yang mudah cara membuatnya, semoga resep cara membuat pancake sederhana ini bisa bermanfaat bagi anda dan keluarga tercinta anda.( Hal-5 )

0 Response to "resep pancake sederhana dan mudah cara membuatnya"

Post a Comment