cara ampuh mengatasi hidung tersumbat sebelah

Apakah anda saat ini sedang mengalami gangguan kesehatan seperti batuk, pilek atau flu yang cukup berat, atau bahkan sedang menderita demam dan masuk angin? Penyakit tersebut umumnya muncul dan sering terjadi pada saat-saat pergantian musim, pada saat pergantian musim suhu udara sewaktu siang bisa menjadi sangat panas akan tetapi pada saat malam bisa menjadi dingin sekali, perubahan suhu udara seperti itu akan mengakibatkan kita mudah sekali terjangkit penyakit-penyakit atau gangguan kesehatan yang sudah di sebutkan pada awal kalimat tadi.

Dan salah satu penyakit yang paling sering muncul dan sangat mengganggu kita pada saat pergantian musin adalah hidung tersumbat di waktu malam hari, biasanya gangguan hidung tersumbat akan menyerang kedua rongga lubang hidung akan tetapi tidak jarang dan mungkin juga hidung yang tersumbat hanya pada sebelah sisi saja atau mampet sebelah saja.

Gangguan pernafasan hidung yang tersumbat selain menyerang orang dewasa juga sering menyerang anak-anak, sangat menyebalkan sekali bila mengalami hidung mampet pada saat malam hari, susah digunakan untuk bernafas dan biasanya bikin susah tidur.

hidung-tersumbat-sebelah


Penyebab hidung tersumbat sebelah

Yang menyebabkan saluran pernapasan kita menjadi mampet baik kedua sisi atau hanya mampet sebelah sisi saja biasanya dikarenakan sedang menderita masuk angin, Influenza dan mungkin juga sinusitis yang kambuh.
Jenis penyakit tersebut pada umumnya akan menyebabkan peradangan pada lapisan rongga hidung serta pada bagian sinus yang notabene merupakan jaringan kaya pembuluh darah. Pada saat terjadi peradangan itulah yang membuat pembuluh-pembuluh darah tersebut melebar dan terjadi pembengkakan hingga menyebabkan hidung mampet sebelah atau mampet kedua sisi.

Sebenarnya sobat tidak perlu khawatir jika hidung tersumbat atau mampet yang sedang sobat derita saat ini disebabkan oleh penyakit ringan maka hidung yang tersumbat tersebut akan dapat sembuh dengan sendirinya dalam rentang waktu 5 hingga 8 hari, dan bisa jadi sembuh lebih cepat jika dibantu dengan asupan vitamin dan suplemen yang tepat hingga membuat daya tahan tubuh menjadi lebih baik.

Dan jika kondisi hidung tersumbat yang sobat alami berlangsung dalam waktu yang cukup lama atau lebih dari seminggu belum menampakkan kondisi yang membaik maka sebaiknya segera sobat bawa ke Dokter terdekat supaya mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut, dikhawatirkan tersumbatnya hidung tersebut diakibatkan oleh virus, alergi, akibat sinusitis kronis dan yang lebih dikhawatirkan lagi hidung yang mampet tersebut akibat karena adanya tumor jinak pada saluran pernapasan sobat.

Nah pada kesempatan kali ini hal-5 akan mencoba memberikan tips ampuh tentang cara mengatasi hidung tersumbat sebelah sisi saja atau kedua belah sisi yang mungkin sedang sobat derita saat ini dengan menggunakan cara pengobatan alami.

Cara mengobati hidung tersumbat sebelah dengan pengobatan alami

  • Makanan pedas
Makan makanan yang pedas pada saat hidung tersumbat sebelah bisa membantu mengatasi dan meredakan gangguan hidung tersumbat yang sedang sobat alami, karena dengan kita memakan makanan yang pedas dapat membantu lendir yang kental dan menyumbat saluran pernapasan kita menjadi lebih encer dan bisa mudah keluar dengan sendirinya.

  • Minum jahe dan jeruk nipis hangat
Minuman jahe panas dengan ditambah perasan jeruk nipis juga ampuh membantu mengatasi hidung tersumbat sebelah atau kedua sisi yang sedang sobat derita, rasa pedas pada jahe dapat membantu mencairkan ingus yang menyebabkan hidung mampet.

Air jeruk nipis panas juga bisa membantu meredakan hidung yang tersumbat, serta kandungan vitamin C yang terkandung di dalam buah jeruk nipis sangat ampuh untuk menjaga dan meningkatkan kondisi kekebalan tubuh yang menurun saat menderita gangguan kesehatan seperti flu, demam, masuk angin dan pilek .
  • Steaming ( penguapan )
Cara ini menggunakan media air panas yang ditempatkan kedalam baskom kemudian sobat menghirup uap dari air panas tersebut dengan cara mengkerudungi wajah sobat dengan handuk atau dengan kain di atas baskom yang berisi air panas tersebut, cara ini bisa membantu mengencerkan dan mengalirkan lendir yang mampet pada rongga hidung,  bisa juga dengan memberikan tambahan beberapa tetes minyak angin kedalam air panas tersebut.

  • Meninggikan posisi kepala atau bantal sewaktu tidur.
Cara ini dilakukan apabila sobat mengalami hidung yang mampet sewaktu akan tidur, dan biasanya hidung mampet akan menjadi lebih parah sewaktu posisi berbaring.

Caranya ialah posisikan kepala anda lebih tinggi dengan cara memberi bantal tambahan pada leher dan kepala hingga menyerupai posisi seperti setengah duduk. Posisi tersebut membantu mengurangi penumpukan darah pada jaringan hidung sehingga bisa membantu meredakan hidung tersumbat sebelah yang sobat derita.

Sobat tidak perlu khawatir tentang cara mengobati hidung tersumbat sebelah yang menggunakan cara pengobatan dengan bahan alami diatas, cara pengobatan tersebut dilakukan dengan menggunakan bahan alami yang aman dan tanpa efek samping, selain itu cara tersebut terbilang juga cukup aman jika digunakan untuk mengobati gangguan hidung tersumbat sebelah pada anak-anak.

Dan apabila setelah sobat melakukan cara pengobatan hidung tersumbat sebelah diatas dan masih belum sembuh juga sebaiknya sobat segera periksakan ke Dokter supaya mendapatkan perawatan lebih intensif.