Yang dimaksud dengan cerita fabel adalah

Pernahkah sobat saat masih duduk di bangku sekolah dulu mendapat tugas dari Guru Bahasa Indonesia untuk membuat atau menceritakan sebuah karangan cerita fabel untuk dibacakan di depan kelas, hehehe seru juga ya kalo mengingat masa-masa itu, mungkin pada waktu itu sobat atau beberapa dari teman sobat ada yang belum begitu paham apa yang dimaksud dengan dongeng fabel itu.

Nah pada ulasan kali ini hal-5 coba mengulas mengenai arti fabel dan contoh fabel, supaya nanti saat anak sobat atau adik sobat mendapat tugas atau pekerjaan rumah mengarang dongeng fabel dari Gurunya sobat bisa membantunya untuk mengerjakan PR tersebut.

Yang dimaksud dengan cerita fabel adalah


Pengertian Fabel adalah

Dongeng Fabel atau dalam bahasa inggris Fable adalah sebuah cerita dongeng atau sebuah cerita karangan yang menceritakan tentang kehidupan hewan atau binatang dengan perilaku kehidupan dan karakter watak menyerupai manusia seperti berbicara dan bersosialisasi serta bertingkah laku seperti manusia.

Kisah fabel adalah kisah fiksi dan tidak berdasarkan pada kenyataan, tujuan dongeng fabel diceritakan bukan hanya untuk hiburan atau dongeng semata karena didalam cerita fabel terdapat pesan moral dan tertanam nilai-nilai luhur mengenai budi pekerti, dongeng fabel juga sering di sebut sebagai cerita moral berdasarkan kandungan pesan moral yang terdapat dalam isi cerita atau dongeng.

Karakteristik umum yang terdapat pada sebuah cerita fabel

  1. Tokoh-tokoh pada kisah fabel menggunakan tokoh hewan
  2. Hewan yang menjadi tokoh dalam kisah tersebut dapat berbicara dan berperilaku selayaknya manusia
  3. Seting dongeng menggunakan latar belakang alam
  4. Isi pokok cerita meggambarkan unsur moral, karakter manusia serta kritik-kritik sosial tentang kehidupan
  5. Penggunaan tata bahasa atau penggunaan kata-lata yang mudah dicerna
  6. Pada dongeng fabel sebagai tokoh berkarakter baik adalah yang berkarakter lemah dan kuat serta memiliki sifat terpuji
  7. Susunan dongeng terdiri 4 bagian cerita :
  • Pengenalan tokoh-tokoh yang terdapat di dalam kisah dan menceritakan tempat terjadinya dongeng tersebut.
  • Munculnya permasalahan atau konflik diantara tokoh-tokoh yang terdapat dalam kisah fabel meliputi kejadian peristiwa atau situasi yang dihadapi yang mengantarkan cerita hingga pada akhir klimaks cerita tersebut.
  • Klimaks dari permasalahan yang dihadapi oleh para tokoh yang terdapat dalam peristiwa kisah fabel yang diceritakan.
  • Solusi atau pemecahan dari permasalahan yang dihadapi oleh para tokoh menjadi akhir dari cerita fabel tersebut.
Dongeng fabel sering digunakan sebagai sebuah media untuk memberikan pendidikan atau menanamkan budi pekerti kepada masyarakat melalui sebuah cerita dongeng, dan contoh dongeng fabel kalau di Negara kita ini yang paling dikenal dan paling sering diceritakan adalah dongeng kancil mencuri mencuri timun yang menanamkan moral kalau mencuri itu bukan tindakan yang baik.

Dan sebagai contoh lagi kisah cerita fabel mengenai kesombongan seekor kelinci yang dapat berlari dengan cepat yang suka memandang lemah atau merendahkan hewan lain yang tidak memiliki kelebihan seperti yang dimiliki oleh kelinci tersebut sehingga pada suatu ketika melakukan perlombaan lari dengan seekor kura-kura yang notabene berjalan sangat lambat akan tetapi pada saat perlombaan dikarenakan sifat angkuh dan kesombongan kelinci yang suka merendahkan binatang lain ternyata dikalahkan oleh si kura-kura, hal ini disebabkan si kelinci ketiduran ditengah-tengah perlombaan. Makanya jangan sombong ya Nci hehehe :p, semoga bermanfaat.

1 Response to "Yang dimaksud dengan cerita fabel adalah"