Cara mengusir lalat secara alami dirumah

Lalat adalah salah satu jenis serangga yang kehadirannya cukup berbahaya bagi kesehatan tubuh kita, karena menurut para ahli pada tubuh seekor lalat mengandung setidaknya sekitar 200 jenis kuman dan bakteri yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit menyerang tubuh kita, seperti salah satu diantaranya adalah menyebabkan kita terserang penyakit diare atau mencret.

Lalat senang sekali hinggap dan mencari makan di tempat-tempat yang kotor dan mengandung banyak kuman serta bakteri seperti tempat sampah, bangkai binatang, selokan dan tempat-tempat kotor lainnya hal tersebut yang menyebabkan tubuh lalat mengandung banyak sekali kuman dan bakteri.

Jika kita mengkonsumsi makanan yang sudah dihinggapi lalat tersebut maka akan menyebabkan kuman dan bakteri tersebut masuk kedalam tubuh kita dan dapat menyebabkan kita akan mengalami berbagai macam gangguan kesehatan.

Tentunya kita tidak menginginkan hal tersebut terjadi pada kita serta keluarga kita dirumah, nah untuk melindungi supaya rumah kita tidak disinggahi lalat sobat bisa mencoba menggunakan beberapa cara berikut ini untuk mengusir lalat yang ada dirumah.
cara mengusir lalat dirumah secara alami
source : en.wikipedia.org

Cara mengusir lalat dirumah secara alami

  • Bawang putih
Bawang putih memiliki aroma yang tidak begitu disukai oleh lalat, caranya gunakan bawang putih yang dihaluskan dan diblender dengan sedikit air kemudian oleskan dengan menggunakan kuas pada tepi jendela atau tepian pintu yang menjadi jalur masuknya lalat kedalam rumah kita, lakukan beberapa kali dan lalat akan menghindari tempat tersebut.
  • Minyak bunga Lavender
Minyak bunga lavender juga ampuh untuk mengusir serta mencegah lalat untuk masuk kerumah kita, caranya tuangkan beberapa tetes minyak lavender pada kain dan oleskan pada tempat-tempat yang digunakan sebagai jalur masuk lalat ke dalam rumah, atau bisa juga dioleskan pada benda-benda yang terdapat di meja makan atau dapur supaya tidak disinggahi lalat.

Selain itu bisa dengan meletakkan potongan spons kedalam wadah kecil seperti piring atau mangkuk dan beri satu sendok minyak lavender pada spons tersebut kemudian siram spons tersebut dengan 2 sendok makan air panas dan letakkan pada meja makan, dapur atau jalur keluar masuk lalat, kemudian setiap hari beri sedikit air panas supaya uap dari minyak tersebut muncul dan ganti minyak tersebut seminggu sekali.
  • Daun pandan
Aroma khas yang terdapat daun pandan ternyata tidak begitu disukai oleh lalat, cara menggunakan daun pandan untuk mengusir lalat dirumah kita adalah potong kecil-kecil daun pandan dan letakkan pada mangkuk kecil kemudian beri sedikit air, sesaat setelah diberi air daun pandan akan mengeluarkan aroma wangi yang tidak disukai oleh lalat, letakkan pada tempat-tempat dirumah kita yang berpotensi menjadi tempat singgah lalat seperti dapur dan ruang makan.
  • Daun mint
Seperti halnya daun pandan aroma yang khas pada daun mint segar dapat digunakan untuk mengusir lalat dari rumah kita, caranya tumbuk halus daun mint segar dan tempatkan pada wadah kecil kemudian letakkan pada bagian rumah yang biasanya untuk jalur keluar masuk lalat atau bisa juga ditempatkan di ruang makan serta dapur yang biasanya menjadi tempat sasaran lalat mencari makan.
  • Daun kemangi
Daun kemangi segar juga dapat digunakan untuk menghalau serta mengusir lalat dari rumah kita, bisa dengan menggunakan daun kemangi yang ditumbuk halus atau bisa juga dengan menanam daun kemangi dalam pot dan letakkan pada tepi jendela atau dekat pintu supaya lalat tidak masuk.
  • Cengkeh, daun salam serta daun eucalyptus
Menggunakan campuran cengkeh, daun salam serta daun eucalyptus yang diletakkan pada satu wadah kecil juga ampuh untuk mengusir lalat, aroma khas yang ditimbulkan oleh perpaduan tersebut sangat tidak disukai lalat, cobalah letakkan campuran tersebut pada meja makan, dapur atau tempat yang menjadi jalur keluar masuk lalat dirumah kita, remas secara berkala daun-daun tersebut supaya aroma segar dari daun tersebut keluar, dan perbarui jika aroma dari masing-masing daun tersebut sudah berkurang.
  • Cengkeh dan buah Apel
Tancapkan sekitar 10 hingga 15 bunga cengkeh pada buah apel dan letakkan diatas meja makan dijamin tidak ada lalat yang mendekat, lalat sangat tidak menyukai aroma dari bunga cengkeh tersebut, selain menggunakan buah apel sobat juga bisa menggunakan jeruk nipis, potong jeruk nipis dan tempatkan ke dalam wadah kecil kemudian beri beberapa biji bunga cengkeh diatasnya letakkan pada bagian rumah yang berpotensi menjadi tempat berkumpulnya lalat seperti ruang makan dan area dapur.
  • Kantung plastik berisi air
Pernahkah sobat sewaktu makan di warteg atau diwarung makan padang melihat kantung plastik yang diisi air dan digantungkan diatas meja tempat makanan tersebut, hal tersebut ternyata memang efektif untuk mengusir lalat.

Kantung plastik yang berisi air tersebut digantungkan bukan tanpa sebab dikarenakan mata lalat sangat unik dan tidak sama seperti serangga pada umumnya, plastik yang berisi air tersebut jika terkena cahaya akan sangat mengganggu pandangan dari lalat dan dapat membuat lalat seperti berhalusinasi dan sulit membedakan mana yang asli atau hanya bias dari cahaya yang dihasilkan oleh plastik berisi air tersebut, hal itu akan menyebabkan lalat sangat tidak nyaman dan akan menjauhi area tersebut, akan tetapi penggunaan metode ini hanya ampuh jika pencahayaan di tempat tersebut terang.

baca juga :
cara mengusir nyamuk yang ampuh
tips ampuh mengusir tikus dirumah

Selain dengan menggunakan beberapa metode diatas untuk mengusir lalat dirumah kita secara alami sebaiknya kita juga menggunakan langkah-langkah untuk mencegah supaya rumah kita tidak menjadi tempat favorit atau menjadi sarang dari lalat-lalat tersebut, seperti dengan cara membersihkan area rumah kita dari sampah, menimbun benda-benda yang berpotensi menjadi sarang lalat, semoga bermanfaat. ( Hal-5 )

sumber : wikihow.com

2 Responses to "Cara mengusir lalat secara alami dirumah"