Mitos Buah Nanas untuk Ibu Hamil

Banyak mitos beredar dimasyarakat kita mengenai Buah Nanas yang sebenarnya mitos tersebut kurang tepat, diantaranya adalah mitos buah nanas yang terkait dengan kehamilan yang tidak semuanya benar, info yang beredar di masyarakat kita adalah jika wanita sedang hamil tidak boleh memakan buah Nanas nanti dapat menyebabkan keguguran, benarkah begitu? Silahkan simak informasi mengenai buah nanas untuk ibu hamil berikut ini.
Mitos Buah Nanas untuk Ibu Hamil
source : livestrong

Amankah buah nanas untuk ibu hamil?

Buah nanas sebenarnya bukan tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil, tapi jika Ibu yang sedang hamil tersebut ingin memakan buah nanas disarankan untuk makan buah tersebut setelah masa trisemester pertama masa kehamilan, karena pada masa trisemester pertama tersebut kandungan akan sangat rentan terhadap berbagai masalah terlebih lagi jika sobat memiliki Rahim yang tidak cukup kuat maka dikhawatirkan kandungan zat yang terdapat pada buah nanas tersebut dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada Ibu dan janin yang sedang dikandungnya.

Hal tersebut bukan tanpa alasan karena kandungan zat Bromelain yang terdapat pada buah nanas dapat melemahkan leher Rahim, dikhawatirkan jika pada masa kehamilan trisemseter pertama tersebut mengkonsumsi buah nanas berlebihan dapat mengganggu kehamilan serta menyebabkan kontraksi sebelum waktunya.

Banyak informasi mengatakan bahwa mengkonsumsi buah nanas saat hamil dapat menyebabkan keguguran, informasi tersebut tidak sepenuhnya tepat yang dikhawatirkan jika mengkonsumsi buah nanas pada saat hamil adalah zat Bromelain pada buah nanas yang dapat mengganggu kondisi kehamilan terlebih lagi jika memiliki riwayat atau pernah mengalami keguguran maka disarankan untuk sama sekali tidak mengkonsumsi buah nanas tersebut pada saat sobat sedang hamil.

Bagi sobat yang saat ini sedang hamil dan memiliki riwayat penyakit Maag, gastritis dan gangguan saluran pencernaan lainnya sebaiknya hindari untuk makan buah nanas pada saat sedang hamil karena rasa asam yang terdapat pada buah nanas dapat menyebabkan gangguan pada lambung dan dapat mengganggu kesehatan sobat dan kesehatan janin yang sedang dikandung.

Bahkan seperti informasi yang terdapat di Livestrong.com disitu menyebutkan jika memasukkan buah nanas segar dalam menu diet pada awal kehamilan dapat membantu memberikan asupan beberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh janin untuk tumbuh dan berkembang secara normal, Mengkonsumsi buah nanas segar sebanyak 1 cangkir selama seminggu sekali dapat memberikan 79mg vitamin C, serta nutrisi yang dapat mendorong produksi kolagen yang membantu pertumbuhan tulang dan kulit dari janin yang sedang dikandung.

Sebenarnya boleh kok mengkonsumsi buah nanas bagi ibu hamil yang tidak memiliki riwayat penyakit maag, lambung dan penyakit saluran pencernaan lainnya, tapi disarankan untuk makan buah nanas tersebut setelah trisemester pertama masa kehamilan dan disarankan untuk tidak mengkonsumsi buah nanas yang masih muda dan kulit buah yang masih hijau, pilih yang sudah matang dan batasi serta jangan makan secara berlebihan. ( Hal-5 )

0 Response to "Mitos Buah Nanas untuk Ibu Hamil"

Post a Comment