Obat alami radang tenggorokan yang ampuh dan aman untuk anak

Radang tenggorokan bukanlah sebuah penyakit yang berbahaya dan dapat sembuh dengan sendirinya akan tetapi cukup menyebalkan dan akan sangat mengganggu jika kita mengalami masalah kesehatan tersebut, jika kita terserang radang tenggorokan gejala awal yang biasa ditimbulkan adalah tenggorokan terasa gatal dan susah digunakan untuk menelan meski hanya menelan ludah sekalipun.

Meskipun tidak berbahaya tapi jika kita terlambat mengobati radang tenggorokan yang sedang kita derita akan dapat menyebabkan penyakit tersebut menjadi semakin parah dan akan sangat-sangat mengganggu karena selain tenggorokan terasa sangat sakit serta susah untuk menelan juga dapat menyebabkan pembengkakan pada pita suara kita hingga membuat kita susah untuk berbicara.

Kondisi tersebut biasanya akan diperparah dengan berbagai jenis gangguan kesehatan lain seperti flu pilek dan batuk, dan jika kita batuk-batuk tenggorokan akan terasa sangat sakit hingga terkadang dapat menyebabkan batuk berdarah dikarenakan terjadinya luka pada tenggorokan akibat peradangan.

Untuk mengobati radang tenggorokan tersebut sobat bisa menggunakan berbagai macam obat-obatan yang tersedia di apotik seperti FG Troches, SP Troches, Degirol dan berbagai macam tablet hisap lainnya yang dapat digunakan untuk mengobati radang tenggorokan.

Selain dengan menggunakan obat radang tenggorokan di apotik sobat juga bisa menggunakan cara pengobatan alami radang tenggorokan yang tentunya ampuh tanpa efek samping serta juga aman untuk radang tenggorokan pada anak-anak.
Obat alami radang tenggorokan yang ampuh dan aman untuk anak
ilustrasi radang tenggorokan, source pic : lethow.com

Obat alami radang tenggorokan yang ampuh

Berikut ini adalah cara pengobatan alami radang tenggorokan dengan menggunakan resep tradisional yang bisa sobat coba dirumah.
  • Madu
Madu memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh kita dan salah satunya dapat digunakan untuk mengobati radang tenggorokan, kandungan madu yang bersifat antivirus, antibakteri dan dapat membunuh jamur sangat bagus digunakan untuk membunuh bakteri dan virus yang merupakan penyebab utama penyakit radang tenggorokan, minum satu sendok makan madu 2 kali sehari secara rutin dapat mencegah kita terserang penyakit radang tenggorokan serta juga dapat meningkatkan sistem kekebalan dan stamina tubuh kita.
  • Jeruk Lemon / Nipis
Buah jeruk kaya akan kandungan vitamin C dan memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi, dapat digunakan untuk mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan seperti meredakan asam lambung naik, obat batuk tradisional, untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh atau detoksifikasi, meredakan mual dan juga tentunya sangat bagus digunakan sebagai obat alami radang tenggorokan.

Perasan sari jeruk lemon atau Nipis yang dicampur dengan segelas air hangat dan diminum saat masih hangat dapat membantu meredakan serta mengatasi radang tenggrokokan yang sedang sobat alami saat ini, silahkan tambahkan satu sendok madu makan untuk pemanis dan minum secara rutin 2 hari sekali hingga tenggorokan sembuh.
  • Jahe
Jahe sangat kaya akan kandungan zat yang dapat digunakan untuk mengobati dan mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan seperti masuk angin, flu, perut begah atau sebah, perut kembung, sesak napas, asam lambung dan tentunya juga ampuh untuk mengobati radang tenggorokan, gunakan 2 rimpang jahe yang sudah dibersihkan, bakar sesaat di atas api kemudian geprak supaya keluar semua sarinya, seduh dengan segelas air panas, minum saat masih hangat boleh ditambahkan satu sendok madu supaya lebih manis dan lebih berkhasiat.

Selain itu bisa juga dengan menambahkan perasan air jeruk nipis atau jeruk lemon dengan ditambah sedikit gula untuk pemanis, bisa juga ditambahkan dengan satu sendok makan madu, minum saat masih hangat dan rutin hingga radang tenggorokan sembuh, selain dapat digunakan untuk mengobati radang tenggorokan juga ampuh untuk mengobati batuk.
  • Cengkeh
Kandungan zat dalam cengkeh membuat cengkeh bersifat anti-bakteri dan antiinflamasi yang dapat digunakan untuk obat tradisional radang tenggorokan, cara menggunakan cengkeh untuk obat alami radang tenggorokan sangat mudah, gunakan bubuk cengkeh yang bisa sobat dapatkan di pasar tradisional sebanyak 2 hingga 3 sendok teh dan kemudian seduh dengan air hangat secukupnya, gunakan campuran tersebut untuk berkumur lakukan rutin 2 kali sehari hingga radang tenggorokan sembuh, selain untuk mengobati radang tenggorokan dengan berkumur menggunakan larutan air cengkeh juga dapat membantu membersihkan mulut dari bakteri dan kuman.
  • Garam
Berkumur dengan menggunakan campuran garam dan air panas dengan rutin dua atau tiga kali sehari dapat membantu meredakan peradangan yang terjadi pada tenggorokan, gunakan 1 gelas air panas dengan ditambahkan garam dapur sebanyak ½ hingga 1 sendok makan dan aduk hingga tercampur rata, gunakan untuk berkumur dengan cara menengadah, usahakan larutan mengenai daerah pada tenggorokan lakukan hingga larutan habis, selain dapat digunakan sebagai obat tradisional alami radang tenggorokan larutan tersebut juga ampuh digunakan untuk meredakan dan mengobati rasa nyeri akibat sakit gigi.
  • Teh
Minum segelas teh hangat dapat digunakan untuk meredakan rasa sakit dan nyeri saat radang tenggorokan, kandungan teh yang kaya akan zat yang berfungsi sebagai antioksidan dapat digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dalam melawan infeksi akibat peradangan.

Bisa juga dengan menggunakan ramuan segelas teh panas yang dicampur dengan satu rimpang jahe dan ditambahkan satu sendok makan madu atau dengan menggunakan ramuan satu gelas teh panas dengan ditambahkan perasan air jeruk lemon dan jeruk nipis dengan ditambahkan satu sendok makan madu, minum ramuan tersebut rutin dua kali sehari hingga radang tenggorokan sembuh.
  • Air putih
Air putih sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita, air putih dapat membantu menjaga selaput muktosa yang terdapat dalam tenggorokan selalu lembab sehingga mencegah tenggorokan dari serangan bakteri dan virus yang menjadi penyebab radang tenggorokan, selain itu juga dapat menjaga tubuh tidak menjadi kekurangan cairan atau dehidrasi dan juga membantu membersihkan tubuh dari zat-zat beracun dan berbahaya.
  • Sup Ayam
Sup ayam dapat kita gunakan sebagai salah satu obat alami radang tenggorokan yang ampuh dan tentunya aman untuk anak-anak, pada kaldu sup ayam kaya akan kandungan natrium yang berfungsi sebagai antiinflamasi atau anti peradangan dan sangat bagus untuk digunakan mengobati radang tenggorokan, selain itu sup ayam dapat menjaga asupan nutrisi tubuh kita terpenuhi dan dapat meningkatkan stamina tubuh kita dan mempercepat proses penyembuhan radang tenggorokan yang sedang sobat alami.

Jika setelah mengkonsumsi atau menggunakan obat alami radang tenggorokan diatas dan radang pada tenggorokan tidak mereda atau tidak kunjung sembuh, dan radang berkelanjutan lebih dari 3 hari sebaiknya sobat segera periksakan atau bawa ke instansi medis terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan serta pengobatan yang tepat untuk radang tenggorokan yang sedang sobat alami tersebut, semoga lekas sembuh. ( Hal-5 )

0 Response to "Obat alami radang tenggorokan yang ampuh dan aman untuk anak"

Post a Comment